Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Diketahui

by
October 4th, 2013 at 11:35 am

CiriCara.com – Salah satu penyakit yang paling ditakuti para wanita adalah kanker payudara. Kanker payudara atau karsinoma payudara merupakan tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara. Walaupun pria juga bisa mengalami penyakit ini, tapi yang lebih sering mengalaminya adalah wanita.

tips kesehatan, kanker payudara, penyebab kanker payudara, cegah kanker payudara

Cegah kanker payudara -Ist

World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 nanti jumlah kasus kanker payudara akan meningkat. Frekuensi kasus penyakit kanker ini relatif tinggi di negara maju dan merupakan terbanyak diderita dari jenis kanker lainnya.

Baca juga: 8 Ciri Kanker Payudara Stadium Awal

Di Indonesia sendiri, kanker payudara menempati peringkat kedua setelah kanker serviks. Namun, jangan sampai Anda terkena penyakit yang bisa mematikan ini. Oleh karena itu, cegah sedini mungkin agar tak mengalami kanker payudara.

Baca juga: 6 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

Lalu, apa sebenarnya penyebab kanker payudara? Ketahuilah bahwa kanker payudara muncul ketika sel-sel di dalam payudara terinfeksi oleh sel-sel kanker. Sel kanker tersebut bisa menginfeksi sel-sel dalam payudara Anda.

Untuk lebih jelas mengetahui penyebabnya, mari simah penyebab kanker payudara yang perlu diketahui:

1. Gaya hidup tak sehat

Menjalani gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, meminum minuman beralkohol, terlalu sering bersinggungan dengan sinar X bisa berpeluang besar menderita kanker jenis ini. Untuk itu, mulai saat ini sebaiknya Anda memiliki gaya hidup sehat. Berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara.

tips kesehatan, kanker payudara, penyebab kanker payudara, cegah kanker payudara

Payudara – Ist

2. Polutan yang ada di sekitar

Polutan yang sering ditemui adalah asap rokok. Meskipun Anda bukanlah perokok aktif, tapi sering mengisap asap rokok bisa mengaktifkan sel-sel kanker di dalam diri Anda. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda menghindar saja jika berhadapan dengan seseorang yang sedang merokok.

3. Produksi estrogen

Salah satu faktor penyebab ini lebih banyak terjadi pada wanita karena merupakan salah satu hormon utama dalam tubuh wanita. Jika seseorang mengalami menstrusasi lebih cepat, saat berusia 12 tahun dan mengalami menopause lebih lambat, maka bisa kemungkinan besar bisa menderita penyakit kanker payudara.

Itulah penyebab kanker payudara yang bisa Anda ketahui. Faktor lainnya, seperti obesitas atau sering mengonsumsi tinggi lemak, pernah menderita kanker sebelumnya, dan mutasi genetik. Untuk pencegahan, sebaiknya Anda skrining dan deteksi dini jika mengalami tanda-tanda seputar kanker payudara. Cara tersebut untuk menurunkan risiko kematian yang ditimbulkan oleh kanker payudara.

Baca juga: Cara Cerdas Mencegah Kanker Payudara

(NR)

Comment di sini