Ratu Atut Dicekal Tidak Boleh ke Luar Negeri

by
October 4th, 2013 at 9:57 am

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengirim surat pencekalan kepada Direktorat Jenderal Imigrasi atas nama Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Dengan pencekalan itu, Ratu Atut tidak diijinkan pergi ke luar negeri dalam jangka 6 bulan.

ratu atut vs kpk

Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah – Ist

Kabag Humas Ditjen Imigrasi Heryanto membenarkan bahwa ada perintah pencekalan atas nama Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Semua bandara internasional sudah diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terkait pencekalan Ratu Atut itu.

“Sudah kita masukkan di dalam sistem yang terkoneksi di semua bandara internasional,” jelas Heriyanto, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (4/10/2013).

Heriyanto menjelaskan bahwa pemberitahuan tersebut sudah disampaikan melalui sistem Border Control Management (BCM). Dengan sistem tersebut, Heriyanto yakin bahwa Ratu Atut tidak akan bisa keluar dari Indonesia. “Itu sistem yang terintegrasi,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, pencekalan Ratu Atut itu berkaitan dengan ditangkapnya Tubagus Chaer Wardana alias Wawan (adik Ratu Atut) oleh pihak KPK. Wawan diduga terkait dengan kasus suap Pilkada Lebak, Banten yang juga melibatkan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar.

Menurut kabar yang beredar, Wawan sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak KPK. Hingga saat ini, KPK masih melakukan pemeriksaan terhadap suami dari Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany itu.

Sejak hari Rabu (2/10/2013) baru tiga tersangka yang sudah dimasukkan ke dalam rumah tahanan KPK. Mereka adalah, anggota DPR dari Golkar Chairun Nisa, Ketua MK Akil Mochtar, dan Wawan.

Tersangka lainnya, Bupati Gunung Mas Hambit Bintih, Cornelis Nalau (pengusaha), dan Susi Tur Andayani (advokat) masih menjalani pemeriksaan di Gedung KPK. Belum diketahui kapan ketiganya akan dijebloskan ke penjara.

(YG)

Comment di sini