Akil Mochtar: Saya Bukan Penghianat!

by
October 7th, 2013 at 9:08 am

Jakarta (CiriCara.com) – Tersangka kasus suap Pilkada Gunung Mas dan Pilkada Lebak, Akil Mochtar telah mengundurkan diri dari jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam surat pengunduran diri itu, Akil menegaskan bahwa dirinya tidak tertangkap tangan oleh KPK.

akil mochtar kpk

Akil Mochtar – Ist

Dalam surat yang dibuat pada 3 Oktober 2013, Akil menjelaskan bahwa dirinya sudah memutuskan untuk mengundurkan diri. “Sejak tanggal surat ini saya mengundurkan diri sebagai hakim MK,” tulis Akil.

Menurut Akil, dirinya tidak pernah tertangkap tangan sedang bertransaksi. Akil menuliskan bahwa dirinya hanya diminta KPK untuk menyaksikan penggeledahan dua orang yang ada di teras halaman depan kediamannya, yakni Chairun Nisa dan seorang laki-laki yang tidak dia kenal. .

“Saya tidak tahu latar belakang kejadian. Saya tidak pernah meminta uang atau janji sepeserpun! Yang kemudian saya ditetapkan sebagai tersangka,” tulis Akil dalam suratnya.

Akil menegaskan bahwa dirinya tidak pernah menerima suap baik dalam perkara Pilkada Gunung Mas maupun Pilkada Lebak. Menurutnya, semua proses hukum Pilkada tersebut telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Tidak ada satupun dipengaruhi oleh saya,” tulisnya.

Mengenai pemberitaan yang beredar, Akil merasa dirinya terus dipojokan. Namun, Akil mengaku akan tetap menjalani proses hukum dengan tabah. “Tiada pertolongan yang lebih baik kecuali dari Allah,” tulis Akil.

Akil mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan pernah merubah sikapnya terhadap negara. “Saya bukan penghianat! Walau saya harus mati untuk itu semua,” demikian kutipan dari salah satu isi surat pengunduran diri Akil Mochtar untuk para hakim MK.

Selain menangkap Akil, pihak KPK juga telah menangkap 5 tersangka lainnya. Salah satu tersangka itu merupakan adik dari Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan.

Wawan diduga telah melakukan penyuapan terhadap Akil Mochtar terkait perkara Pilkada Lebak, Banten. Dari hasil pemeriksaan, Wawan diketahui memiliki 11 mobil mewah yang terparkir di garasi rumahnya.

(YG)

Comment di sini