Ciri-ciri Kambing yang Sehat untuk Kurban

by
October 8th, 2013 at 2:03 pm

CiriCara.com – Beberapa hari lagi umat muslim di dunia akan merayakan Idul Adha. Idul Adha merupakan momen penting untuk mengenang perisitiwa besar yang dialami Ibrahim untuk membuktikan kebesaran imannya kepada Tuhan. Perayaan Idul Adha ini selalu diwarnai dengan menyembelih hewan kurban.

Idul Adha 2014, kambing untuk kurban, ciri-ciri kambing sehat, kambing sehat untuk kurban, ciri kambing sehat untuk kurban

Kambing sehat – Ist

Hewan yang ingin dikurbankan harus dalam kondisi yang baik dan sehat. Hewan-hewan yang boleh dikorbankan, antara lain unta, sapi atau kerbau, dan domba atau kambing. Akan tetapi, masing-masing hewan yang boleh dikurbankan tersebut juga harus sesuai dengan aturan islam.

Untuk Unta harus berumur 5 tahun atau lebih, sapi atau kerbau berumur 2 tahun, dan domba atau kambing harus berumur lebih dari 1 tahun. Semua hewan yang siap dikurbankan itu juga harus sehat dan tak memiliki kondisi fisik yang cacat.

Baca juga: Ciri-ciri Hewan yang Layak untuk Kurban

Namun, kali ini yang CiriCara bahas adalah hewan kurban kambing. Bagi Anda yang ingin berkurban dengan hewan kambing, sebaiknya pilihlah yang berkualitas baik. Agar tak salah pilih, mari simak ciri-ciri kambing yang sehat dan berkualitas untuk kurban berikut ini:

1. Postur tubuh terlihat kuat

Kambing harus memiliki posrtur tubuh yang kuat, terlihat tegap dan kokoh. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa melihat cara kambing berdiri dan berjalan. Apakah berjalan atau berdiri dengan baik atau tidak.

2. Gemuk

Kambing yang baik untuk dikurbankan adalah yang memiliki tubuh gemuk. Anda bisa memegang punggung kambing dan rasakan apakah ada tulang yang menonjol atau tidak. Jika tak ada tulang yang menonjol, maka kambing tersebut gemuk.

Idul Adha 2014, kambing untuk kurban, ciri-ciri kambing sehat, kambing sehat untuk kurban, ciri kambing sehat untuk kurban

Kambing untuk kurban – Ist

3. Bulunya bersih

Ciri lain dari kambing yang berkualitas untuk dikurbankan adalah memiliki bulu yang bersih, bahkan mengkilap. Jangan memilih kambing yang terlihat kusam, apalagi bulu yang rontok. Hal tersebut menandakan bahwa kambing tak dirawat dengan baik dan tak layak disembelih.

4. Memiliki kulit yang bersih

Kulit kambing harus terlihat bersih, tanpa ada bisul, koreng, atau penyakit kulit lainnya, Untuk memastikannya, Anda bisa mencubit kulit kambing. Jika setelah dicubit kulitnya kembali seperti semula, maka kambing itu sehat dan sangat baik jika dikurbankan.

5. Memiliki mata yang jernih

Mata kambing harus bersinar, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tak keluar air, tak berwarna merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Mata hewan yang terlihat sayu menandakan bahwa sedang sakit.

6. Kotorannya padat

Kotoran hewan juga perlu Anda perhatikan. Jika kotoran yang dikeluarkannya baik, maka menandakan bahwa kambing itu sehat. Pastikan kambing yang akan dikurbankan nanti memiliki kotoran relatif padat, tidak cair, dan tak tercampur dengan darah.

Itulah ciri-ciri kambing yang sehat untuk kurban. Pada intinya kambing harus benar-benar terlihat sehat dan lincah. Tak apa-apa memilih yang agak mahal, namun memiliki kualitas yang baik. Perlu Anda ingat bahwa kambing yang dikurbankan harus yang jantan yang usianya 1-3 tahun.

Bagaimana, masih bingung memilih kambing yang sehat untuk dikurbankan?

Baca juga: Ciri-ciri Hewan Kurban yang Sehat

(NR)

Comment di sini