Dicekal KPK, Ratu Atut Tetap Berangkat Haji

by
October 8th, 2013 at 2:47 pm

Banten (CiriCara.com) – KPK telah mengeluarkan surat pencekalan terhadap Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Dengan pencekalan tersebut, Ratu Atut tidak diperbolehkan pergi ke luar negeri sampai 6 bulan ke depan. Lalu bagaimana dengan rencana Ratu Atut untuk pergi haji?

ratu atut chosiyah

Gubernur Banten Ratu Atut – Ist

Ajudan Ratu Atut, Linda mengatakan bahwa Ratu Atut sudah menggelar pengajian, zikir walimatul safar (persiapan haji). Menurut Linda, Ratu Atut akan tetap pergi melaksanakan ibadah haji pada Rabu (9/10/2013) besok.

“Insya Allah tanggal 9 Oktober berangkat,” kata Linda, Senin kemarin.

Meskipun demikian, Juru Bicara KPK Johan Budi mengaku belum mendapatkan laporan mengenai rencana Ratu Atut pergi haji. Menurutnya, hingga saat ini Ratu Atut masih belum memberikan laporan kepada KPK.

Johan menjelaskan bahwa orang yang sudah dicekal ke luar negeri bisa tetap pergi ke luar negeri asalkan ada izin dari penegak hukum yang mencekalnya. Namun, tidak semua permohonan izin itu bisa disetujui.

“Itu bisa disetujui bisa enggak,” ujar Johan, seperti dikutip dari Warta Kota, Selasa (8/10/2013).

Untuk saat ini, Johan mengaku enggan mengomentari rencana Ratu Atut untuk pergi haji. Johan hanya menegaskan bahwa KPK telah mencekal Ratu Atut ke luar negeri sejak 3 Oktober lalu sampai 6 bulan ke depan.

Sementara itu, Humas Ditjen Imigrasi Heriyanto mengaku akan tetap melarang Ratu Atut pergi ke luar negeri sampai pihak KPK mencabut surat pencekalannya. “Kalau masih belum dicabut, ya kita masih mencegah,” katanya.

Seperti diketahui, pencekalan Ratu Atut itu dilatarbelakangi oleh penangkapan Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan oleh KPK. Wawan merupakan adik kandung dari Ratu Atut dan merupakan suami dari Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Wawan kini telah dijadikan tersangka dalam kasus suap Pilkada Lebak, Banten, yang juga melibatkan Akil Mochtar. Wawan diduga menyuap Akil dengan uang senilai Rp 1 miliar.

(YG)

Comment di sini