KPK Miliki Rekaman Ratu Atut-Akil Mochtar

by
October 8th, 2013 at 1:43 pm

Jakarta (CiriCara.com) – KPK hingga saat ini masih terus menyelidiki kasus suap Pilkada Lebak, Banten, yang melibatkan Akil Mochtar. Menurut kabar yang beredar, KPK sudah mengantungi rekaman percakapan Akil dengan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

akil mochtar tahanan kpk

Akil Mochtar – Ist

Seperti diberitakan Tribunnews.com, Selasa (8/10/2013), ada seorang sumber yang mengetahui KPK telah memiliki rekaman percakapan Ratu Atut dengan Akil. Dalam rekaman tersebut, Ratu Atut memerintahkan adiknya Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan untuk menyuap Akil terkait sengketa Pilkada Lebak, Banten.

Ratu Atut yang merupakan Ketua DPP Golkar dinilai mempunyai peran penting untuk kemenangan Pilkada Lebak, Banten. Pasalnya, saat Pilkada tersebut ada pasangan yang diusung oleh Partai Golkar.

“Atut dinilai berkepentingan agar pasangan calon yang diusung Partai Golkar, Amir Hamzah-Kasmin memenangkan pemilihan kepala daerah Lebak,” demikian tulis berita Tribunnews.com, Selasa (8/10/2013).

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto enggan mengomentari kabar adanya bukti rekaman percakapan Ratu Atut dengan Akil Mochta itu. Dia menegaskan bahwa saat ini pihaknya masih memeriksa Akil Mochtar secara intensif.

Dugaan keterlibatan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu muncul setelah adiknya, Wawan, ditangkap oleh KPK. Wawan diduga telah melakukan penyuapan terhadap Akil yang saat itu menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi.

Dari informasi yang dihimpun KPK, Wawan diduga menyuap Akil dengan uang senilai Rp 1 miliar. Hingga saat ini, KPK masih melakukan penyelidikan terkait siapa orang dibalik penyuapan yang dilakukan oleh Wawan itu.

Sementara ini, KPK telah menangkap 6 tersangka dari kasus suap Pilkada Lebak, Banten, dan kasus suap Pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Dalam dua kasus tersebut Akil Mochtar diketahui merupakan tersangka penerima suap.

(YG)

Comment di sini