Cara Memilih Sapi yang Sehat untuk Kurban

by
October 9th, 2013 at 2:14 pm

CiriCara.com – Perayaan Idul Adha identik dengan menyembelih hewan kurban. Bagi umat muslim di segala penjuru dunia, yang mampu melakukan kurban akan menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha atau sepanjang tiga hari yang dikenal sebagai hari tasrik.

idul adha 2013, idul adha, sapi sehat, cara memilih sapi sehat, sapi sehat untuk kurban, hewan kurban

Sapi sehat – Foxnews

Di Indonesia sendiri, hewan yang biasa akan dikurbankan, seperti kerbau, sapi, dan kambing. Hewan kurban yang dipilih haruslah yang syar’i dan sehat. Hewan kurban yang sehat biasanya memiliki tubuh gemuk, sehat, dan kuat. Hal tersebut semata-mata untuk menunjukkan kesungguhan kita dalam berkurban.

Hewan yang dikurbankan harus cukup umur. Untuk kambing atau domba umurnya berkisar 12 – 18 bulan, untuk sapi atau kerbau 22 bulan, sedangkan untuk unta harus sudah berumur 5 tahun atau lebih.

Baca juga: Ciri-ciri Hewan yang Layak untuk Kurban

Jika Anda tahun ini ingin berkurban, maka pastikan untuk tidak salah memilih hewan kurban. Pilihlah yang sehat dan berkualitas baik. Bagi Anda yang ingin berkurban dengan hewan sapi, simak cara memilih sapi yang sehat untuk kurban berikut ini:

1. Matanya jernih dan tidak sayu

Mata sapi harus jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir bagian dalam berwarna merah terang. Jika ada sapi yang matanya sangat kotor dan keruh, maka menandakan bahwa hewan tersebut sedang sakit dan sebaiknya jangan Anda beli.

2. Bentuk tubuh standar

Bentuk tubuh sapi harus standar. Sapi harus memiliki tulang punggung yang relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Postur tubuh yang ideal, seperti kombinasi perut, kaki depan, dan belakang, kepala, dan leher seimbang.

idul adha 2013, idul adha, sapi sehat, cara memilih sapi sehat, sapi sehat untuk kurban, hewan kurban

Sapi – Ist

3. Kulitnya bersih

Kulit sapi harus terlihat bersih. Pastikan hewan yang akan dikurbankan itu tak memiliki bisul atau penyakit kulit lainnya. Untuk memastikannya, Anda bisa mencubit kulitnya, lalu lihat apakah kulitnya kembali seperti semula atau tidak. Jika kulit kembali seperti semula, maka sapi dalam keadaan sehat.

4. Mulut dan hidung bersih

Jika mulut sapi sangat basah dan banyak mengeluarkan air liur atau terdapat bintil-bintil merah, maka menandakan bahwa sapi sedang mengindap penyakit. Begitu juga dengan hidung, pastikan hidung sapi bersih dan tak mengeluarkan cairan.

5. Anus bersih

Perhatikan juga anus atau dubur sapi. Bisa saja sapi yang dijual sedang diare. Untuk itu, pastikan dubur yang dimilikinya bersih dan tak ada tanda-tanda bahwa sapi sedang diare.

6. Aktif bergerak

Saat didekati, pergerakan sapi aktif. Gerakannya lincah dan terlihat sangat kuat dan bersemangat. Selain itu, sapi juga memiliki nafsu makan yang baik.

Itulah cara memilih sapi yang sehat untuk kurban. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih hewan yang untuk dikurbankan. Bila perlu, pilih hewan kurban yang terdapat stiker sehatnya.

Baca juga: Ciri-ciri Kambing yang Sehat untuk Kurban

(NR)

Comment di sini