Jalan yang Bakal Kena Macet Proyek MRT

by
October 10th, 2013 at 11:35 am

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Jokowi telah meresmikan pembangunan megaproyek Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2013). Sejumlah investor juga terlihat hadir dalam acara peresmian proyek tersebut.

mass rapid transit jakarta

MRT Jakarta – Ist

Jika sudah selesai dibangun, MRT Jakarta ini diharapkan bisa mengurangi masalah kemacetan di Jakarta. Pasalnya, hingga saat ini Jakarta masih belum memiliki transportasi massal yang bebas dari macet.

Meskipun demikian, Direktur Utama PT MRT Dono Boestami mengakui pengerjaan proyek MRT tersebut tentu akan mengakibatkan kemacetan lalu lintas di sekitar proyek tersebut. Dono pun meminta maaf kepada warga yang terkena dampak proyek MRT.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya. Pekerjaan ini pasti akan berdampak pada kepadatan lalu lintas Jakarta dan kenyamanan pengguna jalan,” kata Dono di Hotel Pullman, Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (10/10/2013).

Kemacetan diprediksi akan terjadi di Jalan Layang Lebak Bulus menuju Senayan. Jalan di sekitar kawasan Jalan Sudirman hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) pun diprediksi juga akan terkena macet akibat proyek MRT.

Namun, Dono mengklaim bahwa kemacetan di kawasan Sudirman-Bundaran HI itu tidak akan terlalu parah. Pasalnya, proyek MRT di daerah tersebut ada di bawah tanah. “Kami kan menggunakan teknologi bor canggih,” tegas Dono.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan bahwa Dishub akan ikut membantu menertibkan lalu lintas selama pembangunan MRT. Pihak Polda Metro Jaya juga akan ikut melakukan pencegahan kemacetan di sekitar proyek MRT

Beberapa kebijakan yang akan dilakukan Dishub antara lain, pelebaran jalan, memasang rambu peringatan, memperjelas marka jalan, dan menambah fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki. Dishub juga akan mengatur ulang lama lampu lalu lintas di sekitar proyek MRT.

Sementara itu, Polda Metro Jaya akan menerapkan sistem satu arah di Jl Lebak Bulus Raya, Jl Taman Lebak Bulus, dan Jl Adhiyaksa terkait pengalihan arus Jl Lebak Bulus I. Sistem satu arah juga dilakukan di Jl Gandaria, Jl Barito, Jl Kramat Pela, dan Jl Kyai Haji Ahmad Dahlan terkait pengalihan arus di Jl Panglima Polim.

Kebijakan tersebut akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Polisi dan Dishub akan terus memantau kondisi lalu lintas di sekitar proyek MRT.

(YG)

Comment di sini