KPK Periksa Ratu Atut Pada “Jumat Keramat”

by
October 10th, 2013 at 10:14 am

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui akan segera memeriksa Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah pada Jumat (11/10/2013) besok, atau biasa disebut “Jumat Keramat”. Akan kah Ratu Atut ditetapkan sebagai tersangka?

ratu atut banten

Ratu Atut Chosiyah – Ist

“Mereka (bagian penindakan KPK) telah melayangkan surat pemanggilan kepada Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah untuk memberi kesaksian,” jelas Juru Bicara KPK Johan Budi dalam konferensi persnya, Rabu (9/10/2013) malam.

Menurut Johan, Ratu Atut akan diperiksa terkait kasus suap Ketua MK non aktif, Akil Mochtar, dalam sengketa Pilkada Lebak, Banten. Adik Ratu Atut, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Wawan diketahui melakukan suap terhadap Akil dengan uang senilai Rp 1 miliar. Uang tersebut diberikan untuk melancarkan sengketa Pemilu Kada (Pilkada) Lebak, Banten. Baca juga: Wawan Punya 11 Mobil Mewah.

Meskipun demikian, Johan mengaku bahwa pihaknya tidak bisa memastikan apakah Ratu Atut akan hadir dalam pemeriksaan tersebut atau tidak. “KPK juga belum mendapat konfirmasi dari yang bersangkutan,” tutur Johan.

Sementara itu, Pengamat Hukum Universitas Parahyangan Asep Warlan Yusuf menilai bahwa Ratu Atut bisa saja jadi tersangka. Apalagi, banyak pihak yang menilai bahwa Ratu Atut yang menyuruh Wawan untuk menyuap Akil.

“Sangat mungkin Atut jadi tersangka,” ujar Asep.

Asep pun mengatakan bahwa KPK memang harus segera memeriksa Ratu Atut. Pasalnya kasus suap Ketua MK itu sudah menjadi perhatian publik. Asep juga berharap agar Ratu Atut bisa hadir memenuhi panggilan KPK. “Jadi pentinglah Atut hadir,” ujarnya.

(YG)

Comment di sini