Tarantula Akan Jadi Makanan Manusia Masa Depan

by
October 10th, 2013 at 4:19 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Bumi yang dihuni lebih dari tujuh miliar manusia tidak bisa menyediakan makanan yang cukup bagi para penghuninya hingga ratusan tahun mendatang akibat banyak faktor. Lalu apa solusinya?

Tarantula jadi makan manusia masa depan

Tarantula jadi makan manusia masa depan / Ist.

Menurut penelitian, entomophagy atau praktik memakan serangga dianggap menjadi salah satu solusi krisis pangan di dunia. Langkah itu dinilai efektif karena jumlah serangga lebih bnanyak dibandingkan dengan sayur, buah, dan daging.

Meski terkesan menjijikan, namun masyarakat dunia di daerah-daerah tertentu sudah terbiasa mengonsumsi seribu jenis serangga dan hewan lain seperti tarantula dan kaki seribu.

Baca juga: 10 Makanan Unik dari Seluruh Dunia

Dikutip dari Kompas.com, masyarakat beberapa negara seperti Thailand dan Indonesia bahkan sudah terbiasa mengonsumsi serangga seperti belalang, jangkrik, kumbang, dan kalajengking sebagai makanan selingan.

Serangga dianggap sebagai bahan alternatif pangan karena beberapa serangga dianggap sehat dan kaya dengan kandungan protein.

Selain ilmuwan, lembaga PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) untuk pangan dan pertanian, FAO juga berpendapat bahwa serangga dapat meningkatkan ketahanan pangan tanpa menimbulkan masalah lingkungan dan ekonomi. Keberadaan serangga juga bisa menggantikan fungsi dari sayuran berprotein lainnya dan juga ikan.

Hal serupa juga tengah dilakukan badan PBB dalam menyelesaikan masalah pangan dunia. Serangga dinilai dapat meningkatkan ketahanan pangan tanpa menimbulkan masalah lingkungan ataupun ekonomi. (RN)

Comment di sini