Ternyata Internetan Jelang Tidur Berbahaya

by
October 10th, 2013 at 11:40 am

CiriCara.com – Di zaman modern seperti sekarang ini, nampaknya internet kian mudah diakses oleh siapa saja. Dengan adanya internet, masyarakat di dunia bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi terkini, berkomunikasi dengan orang jauh, dan lain sebagainya.

tips kesehatan, internetan sebelum tidur, dampak internet, bahaya internetan sebelum tidur, internetan jelang tidur

Internetan sebelum tidur – ist

Bahkan, dengan adanya internet bisa membuahkan penghasilan bagi sebagian orang dengan cara berjualan atau memasarkan barang dagangannya.

Saat ini hampir semua orang pernah bersentuhan dengan internet karena mudah dikases melalui laptop, smartphone, dan tablet, seperti iPad. Malah ada sebagian dari mereka yang kecanduan untuk memakainya sampai-sampai ketika ingin tidur masih menggunakan internet.

Baca juga: 6 Tipe pengguna Internet

Apakah Anda salah satu orang yang masih menggunakan internet jelang tidur?

Baru-baru ini ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% warga Inggris berselancar di dunia maya menjelang tidur malam hari. Hasilnya, hanya 11% dari yang ditanya memiliki kualitas tidur yang baik. Sedangkan, 24% orang mengatakan bahwa kualitas tidurnya tak baik karena kecanduan memeriksa email dan media sosial jelang tidur.

Mereka yang tak ingin lepas menggunakan internet jelang tidur mengaku bahha tak ingin ketinggalan informasi. Mereka yang sering internetan jelang tidur juga mengaku bahwa kerap merasa stres karena terjaga di malam hari.

Ketika tidur, banyak dari mereka yang mengalami penurunan kualitas tidur. Enam  puluh persen dari peserta penenelitian mengaku seringkali terbangun tiga kali atau lebih ketika menggunakan internet jelang tidur.

Dilansir dari Dailymail, Dr Chris Idzikowski, direktur Edinburgh Sleep Centre mengatakan bahwa internet memang membuat seseorang bisa terhubung dengan dunia luar sehingga sulit untuk ditinggalkan oleh sejumlah orang.

Selain itu, penelitian sebelumnya juga pernah menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan smartphone dan tablet bisa membuat penggunanya tak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Oleh karena itu, Dr Idzikowski mengatakan bahwa penderita seharusnya mencoba dan menghindari pinsel, laptop, dan perangkat berbasis layar lainnya selama setidaknya satu jam sebelum tidur. Dengan begitu. tidur pada malam hari akan berkualitas dan membuat Anda jadi lebih bersemangat menjalankan aktivitas keesokan harinya.

Baca juga: Cara Menciptakan Tidur Berkualitas

(NR)

Comment di sini