Tiket MRT Lebak Bulus ke Bundaran HI Dipatok Rp 15.000

by
October 10th, 2013 at 3:10 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang dimulai hari ini, 10 Oktober 2013 direncanakan akan selesai dalam beberapa tahun mendatang.

Rencana pembangunan MRT di Jakarta

Rencana pembangunan MRT di Jakarta / Skalanews

Namun tiket MRT ini sudah bisa diperkirakan. Dilansir dari Warta Kota, Direktur Keuangan PT MRT, Tuhiyat mengatakan bahwa harga tiket MRT untuk jalur Lebak Bulus ke Bundaran HI berkisar di harga Rp. 15.000. Harga ini adalah harga asumsi lama kebijakan MRT dan juga Pemprov DKI Jakarta.

“Harga tiketnya masih asumsi yang dulu sekitar Rp 15 ribu,” ujar Tuhiyat di acara ground breaking MRT, Jakarta Pusat, Kamis 10 Oktober 2013 seperti dikutip oleh sumber berita.

Anggaran untuk pembangunan MRT tahap pertama ini sebesar 140 miliar yen Jepang. Jika harga tiket MRT dijual sesuai dengan harga tersebut maka break even perusahaan itu pada fase pertama mencapai 2025.

Namun tidak menutup kemungkinan jika harga tiket MRT ini bisa berubah sewaktu-waktu akibat pertumbuhan ekonomi dan infalsi. Dengan memperhatikan faktor tersebut, maka harga tiket MRT harus disesuaikan agar perusahaan mendapat keuntungan.

Akibat pembangunan MRT itu maka beberapa ruas jalan di Ibukota terancam terkena macet. Namun Dono Boestami selaku Direktur Utama PT MRT, pembangunan proyek MRT tersebut tidak akan menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Sedangkan untuk mengantisipasi pembangunan tersebut, Polda Metro Jaya akan menerapkan sistem satu arah di Jl Lebak Bulus Raya, Jl Taman Lebak Bulus, dan Jl Adhiyaksa terkait pengalihan arus Jl Lebak Bulus I. Sistem satu arah juga dilakukan di Jl Gandaria, Jl Barito, Jl Kramat Pela, dan Jl Kyai Haji Ahmad Dahlan terkait pengalihan arus di Jl Panglima Polim. (RN)

Comment di sini