1 Tahun Jokowi Ahok, Daftar Program yang Sudah Terealisasi (1)

by
October 14th, 2013 at 10:49 am

Jakarta (CiriCara.com) – Pada tanggal 15 Oktober 2013 besok, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok genap setahun memimpin Jakarta.

Jokowi dan Ahok

Jokowi dan Ahok / VIVAnews

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, ada banyak program yang dijanjikan oleh keduanya di masa kampanye pada tahun lalu. Beberapa dari janji mereka sudah terlaksana dan dirasakan oleh masyarakat Jakarta namun ada juga yang masih merupakan program dan belum berjalan sama sekali.

Salah satu perubahan yang dibawa oleh Jokowi saat memimpin Jakarta adalah mau turun langsung ke masyarakat dan menderakan keluhan serta saran mereka. Banyak dari keluhan itu diolah menjadi program kerja Pemprov DKI Jakarta.

Sedangkan dari sisi administratif, perubahan dibawa oleh Ahok. Terbukti saat ia memimpin, ia sudah bisa mengontrol Sumber Daya Manusia (SDM), mengawasi penggunaan anggaran, dan mengatur administrasi.

Baca jugaVideo: Ahok Rapat dengan Dinas PU Jadi Sensasi YouTube

Dengan tangan dingin kedua pemimpin tersebut, kini ada beberapa program yang sudah terealisasi. Apa saja?

1. Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP)

KJS dan KJP adalah program unggulan Jokowi yang sering diunggulkan oleh Jokowi saat berkampanye menjelang Pilkada DKI Jakarta 2012 lalu.

Setelah resmi dilantik menjagi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi mengesahkan KJS yang bisa digunakan oleh masyarakat miskin di Jakarta untuk berobat di rumah sakit daerah. Program ini sangat diminati oleh masyarakat Jakarta yang sakit dan butuh berobat. Akibatnya pihak rumah sakit kewalahan dan sempat memprotes program Jokowi yang satu ini.

Sementara KJP yang ditujukan untuk pelajar dari kalangan miskin juga mendapat protes karena dinilai salah sasaran.

Baca juga: Jokowi Keliling Jakarta Sambil Bagi Kartu Sehat

2. Revitalisasi Waduk di Jakarta

Untuk mengatasi banjir di Jakarta, Jokowi dan Ahok melakukan revitalisasi waduk di kawasan Jakarta. Selain mengatasi banjir, revitalisasi waduk di Jakarta juga digunakan untuk menyediakan ruang publik bagi masyarakat. Dua waduk yang sudah direvitalisasi adalah Waduk Pluit dan Waduk Ria Rio.

Baca jugaJokowi Dilaporkan ke Polda oleh Warga Waduk Pluit

3. Relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL)

Prestasi lainnya yang diraih oleh pemerintahan Jokowi selama setahun ini adalah keberhasilan merelokasi PKL yang mengganggu ketertiban umum.

Salah satu kawasan pada PKL yang berhasil ‘dirapikan’ oleh Jokowi adalahan kawasan Tanah Abang yang dipenuhi oleh PKL. Akibat relokasi PKL di kawasan itu, kini jalan di sekitar Pasar Tanah Abang sudah lancar dan tidak lagi macet.

Selain Tanah Abang, PKL yang berhasil direlokasi adalah PKL di kawasan Pasar Minggu, Pasar Gembrong, dan Kebayoran Lama.

Baca jugaTolak Relokasi, PKL Tanah Abang Demo Jokowi dan Ahok

4. Kampung Deret

Kampung deret adalah janji Jokowi yang juga sudah direalisasikan pada masa pemerintahannya selama setahun ini. Kampung deret ini terletak di Kelurahan Tanah Tinggi I RT 14/RW 01 Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Sebelumnya kawasan itu adalah kawasan kumuh dan tidak tertata.

5. Rumah Susun

Para warga yang tinggal di sekitar waduk yang direvitalisasi tekah dipindahkan ke rumah susun (rusun) yang terletak di berbagai area. Rusun yang menjadi sorotan saat Jokowi memimpin adalah Rusun Marunda untuk warga di pemukiman Waduk Pluit dan Rusun Pinus Elok untuk warga di bantaran Waduk Ria Rio.

(RN)

Comment di sini