1 Tahun Jokowi Ahok, Daftar Program yang Sudah Terealisasi (2)

by
October 14th, 2013 at 1:13 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Ada banyak program yang dilontarkan oleh pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Jokowi dan Ahok yang tercatat setahun menjabat sebagai pemimpin Jakarta, besok Selasa, 15 Oktober 2013.

Jokowi dan Ahok

Jokowi dan Ahok / Ist.

Sebagian program tersebut sudah terealisasi namun ada beberapa program yang sama sekali belum terlaksana. Program-program yang terealisasi kebanyakan sudah diutarakan pada saat kampanye menjelang Pilkada DKI Jakarta tahun lalu.

Selain kelima program seperti yang dijelaskan di 1 Tahun Jokowi Ahok, Daftar Program yang Sudah Terealisasi (1), Jokowi dan Ahok mencatat prestasi pada beberapa program lainnya seperti ditulis oleh Detik.com, yaitu:

6. Lelang Jabatan

Sistem pemilihan pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta di era Jokowi dirombak total. Jokowi menggunakan sistem lelang jabatan untuk memilih pejabat di lingkungan Kelurahan dan Kecamatan se-Jakarta. Secara total, sistem ini telah menghasilkan 415 orang pejabat.

Sistem lelang ini pernah ditentang oleh seorang Lurah dari Warakas bernama Mulyadi. Meski menentang, Mulyadi tetap mengikuti seleksi itu dan lolos sebagai Lurah.

Baca jugaLurah Warakas Berani Lawan Sistem Lelang Jabatan Jokowi

7. Birokrasi yang Profesional

Jokowi dan Ahok sebagai pemimpin baru Jakarta juga menumbangkan ketidakprofesionalan pada pejabat di era lama dengan pejabat baru yang mempunyai tingkat keprofesionalan yang sangat tinggi. Warga Jakarta kini bisa memperpenjang KTP atau mengurus berkas-berkas mereka dalam waktu yang relatif singkat.

Baca jugaJokowi Datang, Pegawai Kecamatan Kaget

8. Revitalisasi Sungai

Revitalisasi tidak hanya dilakukan pada waduk semata namun juga seluruh sungai yang mengalir di Jakarta. Sebagian sungai yang menyempit dan dipenuhi kotoran telah diperlebar dan dikeruk untuk mencegah banjir.

Baca jugaDicari Pegawai Honorer Pembersih Sungai, Gaji Rp 2 Juta Per Bulan!

9. Berbagai festival di Jakarta

Jokowi yang sebelumnya menggali potensi Kota Solo lewat budaya saat menjadi Walikota, kini melakukan cara yang sama terhadap Kota Jakarta. Tercatat ada berbagai festival besar yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selama ia memimpin.

Semua festival itu terletak di pusat Jakarta dan digratiskan. Sontak, festival-festival semacam itu menarik perhatian seluruh masyarakat Jakarta untuk datang ke tempat itu. Festival besar yang pernah diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta antara lain Jakarta Night Festival, Festival Kaki Lima, Jakarnaval, dan Jakarta Night Religious Festival yang akan diadakan malam ini, Senin, 14 Oktober 2013.

Baca jugaPara Polwan Cantik Ikut Meriahkan Jakarnaval 2013

10. Pembangunan MRT

Alat transportasi massal, Mass Rapid Transportation (MRT) akhirnya direalisasikan Jokowi pada pekan lalu. Pada hari Kamis, 10 Oktober 2013, Jokowi meresmikan pembangunan MRT di Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Baca jugaJalan yang Bakal Kena Macet Proyek MRT

(RN)

Comment di sini