Jemaah An-Nadzir Rayakan Idul Adha Hari Ini

by
October 14th, 2013 at 2:09 pm

Makassar (CiriCara.com) – Jemaah An-Nadzir di Kampung Mawang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan telah merayakan Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah pada Senin (14/10/2013) hari ini. Mereka juga sudah melaksanakan ibadah salat Ied tadi pagi.

an-nadzir

Jemaah An-Nadzir – Ist

Pimpinan jemaah An-Nadzir Ustadz Lukman menjelaskan bahwa pihaknya mempunyai cara perhitungan yang berbeda dengan pemerintah. Mereka menggunakan metode perhitungan air pasang laut untuk menentukan perhitungan bulan Hijriah.

“Dari perhitungan itu, kami meyakini Idul Adha jatuh pada hari ini,” kata Lukman, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (14/10/2013).

Menurut Lukman, untuk Hari Raya Idul Adha tahun 2013 ini mereka akan memotong dua ekor sapi besar untuk dikurbankan. Salat Ied sendiri dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit STTP, Gowa, Sulawesi Selatan.

Dalam pelaksanaan salat Ied, jemaah An-Nadzir terlihat mengenakan gamis berwarna hitam. Ciri khas dari kaum lelakinya adalah mempunyai rambut berwarna pirang. Sementara kaum perempuannya menggunakan jilbab besar dan bercadar berwarna hitam.

Sebelumnya, Tarekat Naqsabandiyah di Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat juga sudah merayakan Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah. Menurut perhitungan Tarekat Naqsabandiyah, Idul Adha tahun ini jatuh pada 13 Oktober 2013 kemarin.

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Agama sudah memutuskan bahwa Hari Raya Idul Adha 1434 H jatuh pada hari Selasa, 15 Oktober 2013 besok. Itu artinya, nanti malam sebagian besar masyarakat Indonesia akan mulai mengumandangkan Takbir.

(YG)

Comment di sini