5 Cara Memilih Tempat Kos yang Tepat

by
October 16th, 2013 at 8:57 am

CiriCara.com - Anda yang tengah menuntut ilmu atau bekerja di luar kota tempat tinggal Anda yang letaknya tidak memungkinkan Anda untuk dapat kembali ke rumah setiap saat, Anda pastinya akan mempertimbangkan mencari tempat kos yang dapat menjadi tempat singgah Anda selama di perantauan.

Cara tepat memilih tempat kos

Cara tepat memilih tempat kos / Ist.

Di era teknologi informasi seperti saat ini Anda dapat mencari bantuan informasi lewat fasilitas search engine di internet tentang berbagai hal termasuk tempat kos yang sesuai dengan budget dan harapan Anda.

Beberapa tahun terakhir mulai bermunculan website yang menyajikan informasi seputar lokasi tempat kos yang berada di berbagai kota di Indonesia dengan detail yang lengkap mulai dari info lokasi, fasilitas hingga harga yang bervariasi sesuai kebutuhan konsumen.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk memilih tempat kos hanya berdasarkan informasi dari internet semata, adakalanya Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut dalam memilih tempat kos tujuan Anda.

1. Lokasi

Semakin dekat lokasi tempat kos dengan tempat kegiatan utama Anda, baik lokasi kampus ataupun kantor, tentu akan semakin mempermudah aktivitas Anda karena waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi aktivitas tidaklah sebanyak jika Anda harus menempuh perjalanan jauh ke tempat aktivitas Anda.

Apalagi jika lokasi kos Anda hanya perlu ditempuh dengan berjalan kaki atau naik kendaraan umum jarak dekat, tentunya akan menghemat biaya transportasi yang Anda keluarkan sehari-harinya.

2. Fasilitas yang tersedia

Di beberapa kawasan tertentu di Ibukota saat ini menyediakan fasilitas kos seperti hotel berbintang, dengan dilengkapi AC, cable TV, laundry dan lain-lain. Anda harus menentukan apakah Anda lebih merasa nyaman jika tinggal di lingkungan kos yang lengkap dengan fasilitas serasa di rumah sendiri atau yang ala kadarnya dengan berbagai pertimbangan. Tentunya pemilihan fasilitas ini akan sebanding dengan harga yang harus Anda bayar kelak.

Baca jugaCara Mengatur Kamar Tidur yang Sempit

3. Budget yang Anda miliki

Sesuai dengan poin diatas, Anda harus menyesuaikan tipe kos idaman dengan budget yang Anda keluarkan. Jika Anda menginginkan tipe kost berfasilitas lengkap dengan pelayanan seperti hotel berbintang, tentu Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkannya. Singkat kata, menurut pepatah, ada harga, ada rupa.

4. Kondisi tempat kos

Anda perlu melakukan survei langsung terlebih dahulu di tempat yang akan Anda pilih untuk ditinggali. Jangan langsung terkesan pada pandangan pertama dengan informasi yang Anda dapatkan lewat website. Ada kalanya foto yang ditampilkan untuk promosi tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Ingat, prinsip konsumen yang baik adalah teliti sebelum membeli, bahkan untuk membeli sewa sebuah kamar kos sekalipun.

Cara tepat memilih tempat kos

Cara tepat memilih tempat kos / Ist.

5. Kenyamanan lingkungan

Pelajarilah terlebih dahulu daerah yang akan Anda pilih untuk menjadi tempat kos sehari-hari. Walaupun Anda mungkin berasal dari daerah yang berbeda dan jauh letaknya dari tempat kos Anda, adakalanya Anda perlu mencermati kondisi lingkungan sekitar.

Juga apakah tempat kost Anda merupakan kos joint (campur kategori, bisa dihuni baik pria dan wanita bersamaan) atau hanya khusus bagi pria atau wanita saja atau bisa untuk kost keluarga. Karena pemilihan tipe kost seperti ini sedikit banyak juga akan mempengaruhi keseharian Anda di lingkungan kos, apakah Anda siap berbagi lingkungan dengan orang-orang baru yang berbeda status dan jenis kelamin dengan Anda, apabila Anda tinggal di kos campur.

Comment di sini