Pembagian Daging Kurban di Istiqlal Ricuh, 1 Orang Tewas

by
October 16th, 2013 at 8:57 am

Jakarta (CiriCara.com) – Pembagian daging kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta, sempat diwarnai kericuhan. Ribuan warga yang mengantre daging kurban terlibat aksi saling dorong dan saling injak. Akibatnya, sembilan warga diketahui pingsan.

antrean daging kurban di jakarta

Antrean daging kurban – Rakyat Merdeka

Kabag Operasi Polres Jakarta Pusat, AKBP Apollo Sinambella mengatakan bahwa semua korban sudah di bawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk mendapat perawatan medis. Rata-rata korban pingsan itu adalah perempuan.

“Sekarang yang pingsan rata-rata sudah siuman,” kata Apollo di Masjid Istiqlal, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari detik.com, Rabu (16/10/2013).

Menurut Apollo, kericuhan tersebut terjadi pada antrean perempuan. Mereka tidak sabar untuk mendapatkan daging sehingga petugas kesulitan untuk mengatur mereka. Pada antrean laki-laki, semua bisa berjalan dengan tertib.

“Yang perempuan berdesak-desakan sambil semua ngomong. Jadi tidak mendengarkan penjelasan kita,” kata Apollo.

Sementara itu, Apollo menuturkan bahwa ada satu orang laki-laki yang tewas saat mengantre daging kurban. Korban berusia 60 tahun dan merupakan warga Sawah Besar. Menurutnya, korban saat itu diketahui mengantre saat sedang sakit.

“Kejadiannya pukul 04.30 WIB. Pria ini tiba-tiba jatuh saat berjalan menuju antrean. Wajahnya membiru,” tutur Apollo.

Apollo menjelaskan bahwa pihaknya akan lebih ketat lagi dalam mengatur antrean pembagian daging kurban tahun depan. Hal ini bertujuan agar kejadian serupa tidak terulang lagi di Idul Adha berikutnya.

Mengenai pembagian daging kurban, Apollo mengatakan bahwa saat ini antrean daging kurban sudah ditutup. Hal ini dilakukan karena daging kurban yang tersisa tinggal sedikit. “5240 daging sudah dibagi,” jelasnya.

Meskipun demikian, sejumlah warga masih terlihat berkumpul di luar gerbang sisi timur Masjid Istiqlal. Mereka masih menanti kemungkinan akan adanya pembagian daging kurban lagi.

(YG)

Comment di sini