Roy Suryo Akui Evan Dimas Masih Amatir

by
October 16th, 2013 at 2:52 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kapten tim nasional U-19 Indonesia, Evan Dimas Darmono hingga saat ini masih berstatus pemain amatir. Permohonan alih status Evan Dimas dari pemain amatir ke profesional kabarnya telah ditolak pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

roy suryo timnas

Menpora Roy Suryo – Goal.com

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo pun membenarkan bahwa saat ini Evan Dimas masih berstatus pemain amatir. Meski telah sukses membawa Timnas U-19 juara Piala AFF 2013, karier Evan Dimas tetap masih belum diakui oleh PSSI.

“Ya, Evan Dimas sampai sekarang memang masih amatir bukan profesional,” kata Roy yang juga dikenal sebagai pakar telematika, Senin (14/10/2013) lalu.

Meskipun masih berstatus pemain amatir, menurut Roy, Evan Dimas tetap sah menjadi pemain Timnas U-19. Roy menjelaskan bahwa untuk menjadi pemain Timnas tidak diharuskan memiliki klub terlebih dulu.

“Tanpa klub pun, kalau dia warga negara Indonesia, wajib hukumnya membela timnas kalau yang bersangkutan bersedia. Jadi intinya, jangan terus dibalik seolah-olah Evan Dimas itu ilegal,” tegas Roy, seperti dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya, permohonan pindah status Evan Dimas ditolak karena klub asalnya, Persebaya 1927, tidak diakui sebagai anggota PSSI. Jika ingin menjadi pemain profesional, Evan pun diminta untuk pindah ke klub yang sudah diakui PSSI.

“Permasalahannya adalah klub (Persebaya 1927) tempatnya bernaung itu statusnya tidak diakui PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia,” jelas Sekretaris PT Liga yang juga merupakan Deputi Bidang Organisasi PSSI, Tigor Shalom Boboy.

Selain Evan Dimas, Andik Vermansyah juga terancam tidak mendapat international transfer certificate (ITC) dari PSSI. Pasalnya, Andik diketahui merupakan salah satu pemain dari klub Persebaya 1927.

Persebaya 1927 adalah klub yang berlaga di kompetisi Liga Primer Indonesia (IPL). Sementara klub yang diakui PSSI adalah klub yang berlaga di Liga Super Indonesia (ISL), Persebaya Surabaya.

(YG)

Comment di sini