Sebagian Bakso Indonesia Ternyata dari Malaysia

by
October 17th, 2013 at 4:51 pm

Jakarta (CiriCara.com)Bakso, kuliner lezat yang mudah kita jumpai di seluruh pelosok Indonesia ternyata tidak sepenuhnya berasal dari Tanah Air. Ada sebagian bakso yang ternyata berasal dari Malaysia yang tentu saja tidak dibuat dari daging sapi lokal.

Bakso dari Malaysia

Bakso dari Malaysia/ Ist.

Diberitakan oleh Detik.com, masuknya bakso asal Negeri Jiran tersebut membuat pengusaha daging olahan dalam negeri menjadi resah lantaran bakso asal Malaysia masuk lewat jalur di perbatasan.

Fenomena seperti ini banyak ditemui di daerah Pontianak, Kalimantan, dan daerah di kawasan Sumatera. Menurut Haniwar Syarif selaku Direktur Eksekutif National Meat Processors Association Indonesia (Nampa) atau Asosiasi Industri Pengolahan Daging Indonesia mengatakan bahwa daging yang masuk ke Indonesia dalam jumlah banyak.

Daging yang masuk tersebut rata-rata sudah diolah dalam bentuk sosis dan bakso. Setelah melewati perbatasan, produk olahan daging itu akan masuk ke pertokoan ritel hingga supermarket. Meski dalam jumlah besar, produk itu jarang sekali dijumpai di kawasan kota besar.

Daging yang digunakan untuk membuat bakso tersebut berasal dari daging sapi India yang belum bebas dari penyakit mulut dan kuku.

Mirisnya, harga bakso Malaysia yang dijual di Indonesia lebih murah dari harga daging sapi lokal. Per kilo, bakso sapi dari Malaysia dijual rata-rata Rp. 25.000 sementara bakso lokal dijual dua kali lipat lebih mahal. Padahal bakso ilegal itu beresiko penyakit.

Banyak pedagang yang memilih untuk membeli bakso asal Malaysia karena selain harganya murah, rasa dagingnya mendekati rasa daging sapi lokal.

Baca juga: CiriCara: Cara Bedakan Bakso Babi dengan Bakso Sapi

(RN)

Comment di sini