Tuntut Kenaikan UMR, Buruh Demo Lagi

by
October 17th, 2013 at 2:20 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Hari ini, Kamis, 17 Oktober 2013 ribuan buruh yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Buruh (Sekber Buruh) kembali berdemo yang dimulai dari depan Bundaran Hotel Indonesia sampai ke Istana Negara.

Demo Buruh 17 Oktober 2013

Demo Buruh 17 Oktober 2013/ Solopos

Diberitakan oleh Detik.com, massa buruh yang melakukan aksi demo itu datang ke lokasi unjuk rasa dengan menggunakan bis pariwisata dan juga sepeda motor.

Massa buruh kebanyakan berasal dari daerah industri di Jawa Barat seperti Bandung, Karawang, dan Purwakarta. Massa buruh juga ada yang berasal dari Tangerang.

Untuk mengamankan aksi demo yang berjalan hari ini, Polda Metro Jaya sudah menurunkan sekitar 5.484 personel gabungan untuk mengawal aksi unjuk rasa ribuan buruh di Jakarta hari ini. Para personel tersebut ditempatkan di sejumlah titik yang menjadi tempat massa menyampaikan aspirasinya.

Kedatangan para buruh ke pusat Ibukota tersebut adalah untuk menyampaikan keluhan seputar upah minimum dan juga penghapusan sistem outsourcing.

“Hapus outsourcing, mencabut inpres nomor 9 tahun 2013 beserta turunannya penetapan UMK yang diatur oleh presiden yang dibatasi 5 sampai 10 persen,” kata Koordinator KSPSI PT Ultra Jaya Bandung Barat, Agus Haerudin, di Bundaran HI, Jakarta, Kamis 17 Oktober 2013 seperti dikutip oleh Liputan6.com. (RN)

Comment di sini