Penyebab Kanker Otak pada Anak yang Perlu Diketahui

by
October 18th, 2013 at 3:05 pm

CiriCara.com – Hingga saat ini, penyakit kanker masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Alasannya adalah karena menyebabkan kematian. Jenis penyakit kanker apapun, seperti kanker rahim, payudara, kulit, otak, dan lain sebagainya itu terlihat menakutkan jika dialami seseorang.

Baca juga: 6 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

tips kesehatan, tips kesehatan anak, penyebab kanker otak, penyebab kanker otak pada anak, kanker otak pada anak, tumor otak

Otak – Ist

Penyakit kanker bisa saja dialami oleh orang. Tak memandang jenis kelamin atau usia. Kanker bukan hanya bisa dialami oleh orang dewasa tapi juga anak-anak.

Dilansir dari Ykkaki.org, data statistik dari IARC (International Agency for Research on Cancer) menyatakan bahwa 1 dari 600 anak akan menderita kanker sebelum umur 16 tahun. Kanker pada anak merupakan suatu masalah yang cukup kompleks karena perawatan dan pengobatannya melibatkan beberapa hal, seperti orangtua, tenaga profesional, dan orang-orang di sekitarnya yang bisa mendukungnya untuk tetap bisa mendapatkan pendidikan dan kasih sayang.

Jenis kanker yang paling umum berkembang pada anak adalah tumor otak. Tumor otak adalah pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam otak yang disebbakan oleh pembelahan sel yang tidak terkontrol. Sejauh ini, beberapa penelitian masih mencoba untuk mencari tahu penyebab kanker otak melalui berbagai penelitian. Namun, ada beberapa hal lain yang berkaitan dengan penyebab kanker otak pada anak.

Dilansir dari Onlymyhealth.com, inilah penyebab kanker otak pada anak:

1. Terapi radiasi

Anak-anak yang pernah mendapatkan terapi radiasi karena pengobatan penyakit tertentu, bisa juga meningkatkan risiko tumbuhnya tomor di otak. Timor di otak bisa menjadi masalah karena menyebabkan tekanan dan kerusakan pada daerah di sekitarnya dan berkembang menjadi kanker.

2. Riwayat keluarga

Anak yang terkena kanker bisa saja disebabkan karena memiliki keturunan. Seorang anak dengan riwayat yang mengalami kanker otak berisiko mengembangakan tumor pada sistem saraf pusat.

tips kesehatan, tips kesehatan anak, penyebab kanker otak, penyebab kanker otak pada anak, kanker otak pada anak, tumor otak

Tumor otak – Ist

3. Kelainan gen

Sejumlah kelainan pada gen bisa menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol sehingga bisa menyebabkan penyakit kanker. Selain itu, penyusunan ulang kromosom juga menyebabkan kelainan gen.

4. Kondisi genetik tertentu

Kondisi genetik tertentu, seperti neurofibromatosis dan sindrom retinoblastoma bisa menyebabkan kanker otak dengan mengubah gen atau kromosom.

5. Bahan kimia

Bahan kimia dan paparan radiasi kimia berpotensi besar terhadap keruskan otak seseorang. Bahan kimia yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari adalah vinil klorida yang digunakan dalam plastik, formalin yang digunakan sebagai pengawet, dan acrylontrile digunakan dalam industri kecil.

Itulah penyebab kanker otak pada anak yang bisa Anda ketahui. Kanker pada anak bisa disembuhkan jika dideteksi secara dini dan jika pengobatan serta perawatan dilaksanakan sebaik-baiknya.

Baca juga: 12 Cara Alami Mencegah Penyakit Kanker

(NR)

Comment di sini