Cara Mencegah Diabetes Tipe 2

by
October 21st, 2013 at 1:58 pm

CiriCara.com – Penyakit diabetes biasanya kerap dialami oleh seseorang yang memasuki fase usia paru baya. Penyakit yang memiliki nama lain penyakit gula ini jika dimiliki seseorang bisa diturunkan ke generasi selanjutnya.

tips kesehatan, diabetes tipe 2, cara mencegah penyakit diabetes tipe 2, diabetes tipe 2, mencegah diabetes tips 2

Diabetes – Ist

Penyakit diabetes yang biasa ditemukan adalah diabetes tipe 2. Apa itu penyakit diabetes tipe 2? Diabetes tipe ini menyerang orang dewasa yang usianya lebih dari 35 tahun. Penyebabnya adalah resistensi insulin. Pada tahap awal pengembangan penyakit ini, penderita memiliki kadar insulin dal tubuh namun tak bisa bekerja dengan baik.

Baca juga: Apa Sih Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan 2?

Selain itu, ketahui juga bahwa seseorang yang memiliki tubuh gemuk atau obesitas juga berisiko mengalami penyakit diabetes. Oleh karena itu, jangan biarkan diri Anda memiliki tubuh gemuk dan mulailah untuk melakukan gaya hidup sehat.

Dengan gaya hidup sehat, berarti Anda udah melakukan pencegahan agar tak terkena diabetes tipe 2. Dilansir dari Vemale.com, berikut cara mencegah penyakit diabetes tipe 2:

1. Mengurangi berat badan

Tadi sudah disebutkan bahwa orang-orang yang memiliki tubuh gemuk memiliki risiko lebih besar terkena diabetes. Untuk itu, jangan sampai tubuh Anda kegemukan. Cobalah untuk berolahraga agar tubuh lebih sehat dan berbentuk. Olahraga yang bisa dilakukan, seperti berenang, bersepeda, dan berlari untuk membakar gula di dalam darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin tubuh terbentuk, semakinn keciol kemungkinan terkena diabetes.

Baca juga: Ciri-ciri Terkena Diabetes

2. Mengonsumsi makanan berserat

Penyebab lain seseorang mengalai diabetes adalah terlalu banyak makan makanan yang manis. Jika ingin mengonsumsi makanan yang manis, maka Anda bisa makan buah saja yang kaya akan serat, seperti pir. Selain itu, konsumsi juga nasi merah untuk diet gula tersebut.

3. Mengonsumsi asam lemak omega-3

tips kesehatan, diabetes tipe 2, cara mencegah penyakit diabetes tipe 2, diabetes tipe 2, mencegah diabetes tips 2

Berlari – Ist

Kandungan tersebut bisa Anda dapatkan dari ikan salmon, sarden, dan makanan lainnya. Konsumsilah setidaknya satu minggu sekali untuk meningkatkan kerja zat yang bertugas menjaga tubuh agar tidak terkena diabetes.

4. Mengonsumsi vitamin D

Sebuah penelitian menunjukkan bajwa mengonsumsi vitamin D bisa mmengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Vitamin D bisa Anda temukan pada ikan yang berlemak dan segala produk olahan susu. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan vitamin D.

5. Mengonsumsi rempah-rempah

Rempah-rempah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kayu manis. Kayu manis bisa meningkatkan kinerja insulin. Cara mengonsumsinya, Anda bisa menaburi kayu manis di atas minuman atau makanan yang akan dimakan.

6. Tidur yang cukup dalam sehari

Seseorang yang memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam dalam sehari sangat berisiko terkena penyakit diabetes. Untuk itu, ubah perilaku tersebut. Mulai saat ii, sebaiknya Anda tidur cukup setiap harinya yaitu 7-8 jam.

7. Hindari stres

Stres hanya menbimbulkan sejumlah penyakit, termasuk diabetes. Saat stres, tubuh akan mengeluarkan zat gula. Zat tersebut bisa menyebabkan diabetes. Untuk itu, jangan biarkan diri Anda mengalami stres. Untuk mengurangi stres yang dirasa, Anda bisa melakukan relaksasi, mendengarkan lagu, dan lain sebagainya.

Itulah cara mencegah penyakit diabetes tipe 2. Jangan sampai penyakit yang cukup ditakuti sejumlah orang ini Anda alami. Untuk itu, lakukanlah pencegahan seperti cara di atas.

Baca juga: 5 Cara Hindari Diabetes

(NR)

Comment di sini