Bela Jokowi, PDIP: Esemka dengan Mobil Murah Berbeda

by
October 22nd, 2013 at 2:11 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga ikut menanggapi kritikan Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf terhadap Jokowi. Pasalnya, Nurhayati menyebut sikap Jokowi dalam menolak kebijakan mobil murah pemerintah itu aneh.

jokowi esemka mobil murah

Jokowi mobil Esemka – Ist

Nurhayati mengaku merasa aneh dengan Jokowi karena menolak mobil murah. Padahal menurutnya, Jokowi itu diketahui mendukung mobil murah Esemka. “Dia naik namanya, itu karena Esemka,” kata Nurhayati.

Eriko menjelaskan bahwa mobil Esemka dengan kebijakan mobil murah yang dikeluarkan oleh pemerintah itu berbeda. Menurutnya, kebijakan mobil murah pemerintah itu hanya akan meningkatkan penjualan mobil produk luar negeri yang dirakit di Indonesia.

“(Sedangkan) Esemka itu produk dalam negeri yang memberikan kesempatan orang dalam negeri memberikan kreasi kendaraan asli Indonesia,” jelas Eriko, seperti dikutip dari detik.com, Selasa (22/10/2013).

Menurut Eriko, kebijakan mobil murah yang dikeluarkan pemerintah tentu akan membuat jalan Ibu Kota jadi semakin macet. Pasalnya, infrastruktur jalan yang ada di Ibu Kota sudah tidak bisa menampung kendaraan yang terus bertambah tiap tahunnya.

Sama seperti pendapat Jokowi, Eriko pun menganggap masyarakat Indonesia tidak membutuhkan mobil murah karena tidak bisa dibeli oleh semua kalangan. Menurutnya, yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia adalah transportasi umum yang murah dan nyaman.

Saat ini ada sejumlah mobil murah yang sudah mulai dipasarkan. Di antaranya adalah Astra Toyota Agya, Astra Daihatsu Ayla, dan juga Honda Brio Satya. Ketiga mobil tersebut dilepas dengan harga mulai dari sekitar Rp 76 juta – Rp 120 juta.

(YG)

Comment di sini