Gempa Bumi 5,6 SR Guncang Aceh Siang Ini

by
October 22nd, 2013 at 4:45 pm

Banda Aceh (CiriCara.com)Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter menyerang Aceh pada siang hari ini, Selasa, 22 Oktober 2013. Gempa tersebut membuat warga di sekitar lokasi gempa berhamburan keluar rumah.

Gempa di Aceh, 22 Oktober 2013

Gempa di Aceh, 22 Oktober 2013 / Kompas

Diberitakan oleh Merdeka.com, pusat gempa kali ini berada di 16 km barat daya Kabupaten Aceh Besar atau 32 km di sebelah tenggara kota Banda Aceh.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempat ini terjadi pada pukul 12.40 WIB. Sumber gempa berasal dari sesar Sumatera dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini juga dirasakan di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Di daerah tersebut, gempa yang dirasakan jauh lebih kencang dibandingkan dengan gempa yang terjadi di Banda Aceh.

Menurut masyarakat, gempa ini dirasakan selama 8 hingga 10 detik. Mereka dikabarkan panik dan berhamburan keluar rumah. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan, jumlah korban jiwa, dan korban luka akibat bencana alam ini.

Dengan adanya gempa mendadak ini, masyarakat dihimbau waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

“Masyarakat diimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman gempa. Gempa bumi bersifat mendadak. Belum ada sistem peringatan dini gempa. Kemampuan Indonesia mendeteksi gempa adalah lima menit setelah kejadian gempa, baik kekuatan, kedalaman, dan lokasi gempa bumi,” kata Sutopo selaku Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). (RN)

Comment di sini