Beli BBM Subsidi Wajib Non Tunai, Berlaku Pekan Ini

by
October 23rd, 2013 at 1:51 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kebijakan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi wajib non tunai akan segera diberlakukan pada akhir pekan ini. Dengan sistem ini, semua masyarakat yang akan membeli BBM subsidi harus menggunakan kartu perbankan, tidak bisa dengan uang tunai.

bbm subsidi non tunai

Layanan non tunai di SPBU – Kontan

Sekretaris Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Djoko Siswanto mengatakan bahwa sistem non tunai itu akan diterapkan secara bertahap per daerah. Untuk tahap pertama akan diberlakukan di DKI Jakarta.

“Minggu ini akan diterapkan di Jakarta dulu,” kata Djoko di Ruang Komisi VII DPR, seperti dikutip dari detik.com, Rabu (23/10/2013)

Baca juga: Mobil Murah Tidak Boleh Pakai BBM Subsidi.

Karena belum tersedia kartu khusus untuk membeli BBM subsidi, kata Djoko, warga Jakarta bisa melakukan pembelian dengan mengunakan kartu perbankan yang sudah ada saat ini. Pasalnya, kartu khusus pembelian BBM subsidi masih dalam pembahasan.

“Nanti transaksinya masih gunakan kartu perbankan yang ada dulu saat ini seperti kartu kredit, kartu debet, kartu e-money,” kata Djoko.

Setelah DKI Jakarta, sistem pembelian BBM subsidi non tunai juga akan diterapkan di Bali dan kemudian Batam. Ketiga daerah tersebut dianggap infrastruktur perbankan dan SPBU-nya sudah lengkap dan siap.

Seperti diketahui, pemerintah akan segera memberlakukan wajib membeli BBM subsidi dengan cara non tunai. Artinya, pembelian BBM subsidi (premium) tidak boleh lagi menggunakan uang tunai. Hal ini bertujuan untuk menjaga kuota BBM subsidi.

(YG)

Comment di sini