Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan

by
October 23rd, 2013 at 3:51 pm

CiriCara.com – Tenggorokan terasa sakit, sulit menelan, dan amandel membengkak atau berwarna merah? Hal tersebut merupakan tanda-tanda bahwa Anda menagalami radang tenggorokan.

tips kesehatan, cara mengobati radang tenggorokan, obat radang tenggorokan, obat radang, tips mengobati radang tenggorokan

Sakit radang tenggorokan – Ist

Faringitis atau radang tenggorokan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bagian tenggorokan atau faring yang menjadi radang. Penyebab umum dari penyakit ini adalah bakteri Streptococcus Pyogenes yang dikenal juga sebagai kelompok streptokokus A. Jenis bakteri ini sangat menular dan bisa menyebar melalui udara ketika batuk atau bersin.

Selain itu, bakteri tersebut juga bisa menyebar melaluyi makanan, minuman atau barang-barang yang sidah terinfeksi bakteri yang sama. Jika seseorang mengalami radang tenggorokan, maka bisa mengalami demam dan sakit kepala.

Hal tersebut tentunya sangat mengganggu baktivitas. Oleh karena itu, Anda harus segera mengobatinya. Tidak degan obat, tapi ada cara alami yang bisa Anda lakukan. Berikut cara alami mengobati radang tenggorokan:

1. Menghirup uap panas

Cara ini merupakan cara kuno tapi cukup ampuh untuk mengobati radang tenggoroka. Caranya yaitu taruh air panas di dalam wadah, lalu letakkan di depan Anda. Hirup uapnya tak hanya dari hidung, tapi sekali-kali Anda juga perlu menghirupnya dari mulut.

2. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam

Campurkan sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat. Setelah tercampur, Anda bisa berkumur dengan ramuan itu. Lakukanlah 3 kai sehari untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan.

3. Madu dan lemon

Anda bisa meminum air yang sudah dicampur dengan satu sendok makan madu dan lemon. Jika ta ada lemon, maka Anda juga bisa meminum air yang sudah dicampur dengan madu. Ramuan tersebut merupakan cara alami untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Namun, sebaiknya jangan diberikan pada anak-anak yang usianya masih di bawah 2 tahun.

4. Minum teh jahe

tips kesehatan, cara mengobati radang tenggorokan, obat radang tenggorokan, obat radang, tips mengobati radang tenggorokan

Lemon dan madu – Ist

Potong 1 inci jahe, memarkan lalu rebus selama 2 menit. Setelah itu, Anda bisa masukkan jahe ke dalam teh yang sudah diseduh sebelumnya. Minuman ini bisa sebagai obat radang tenggorokan.

5. Daun kemangi

Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Jika tak ingin diminum, maka Anda bisa berkumur dengan air rebusan itu. Ketahuilah bahwa air rebusan kemangi bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Baca juga: Cara Mudah Meredakan Radang Tenggorokan

6. Jus lemon

Campurkan 2 sendok makan air perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Minumlah larutan itu dalam keadaan perut kosong, sekitar setengah atau satu jam sebelum makan. Jangan tambahkan gula agar sakit radang tenggorokan bisa segera sembuh.

7. Jus belimbing

Belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya yaitu ambil 100 gram buah belimbing manis, jus dan Anda bisa langsung meminumnya.

8. Makan bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Untuk itu, cobalah mengunyah bawang putih untuk mengatasi radang tenggorokan.

9. Mengonsumsi sup hangat

Saat tenggorokan sakit, mungkin Anda tak sulit untuk menelan. Tapi, Anda harus melawannya. Cobalah untuk mengonsumsi sup ayam hangat dengan rasa sedikit asam. Bukan hanya untuk meringankan sakit, tapi juga memberikan nutrisi untuk melawan peradangan.

Itulah cara alami mengobati radang tenggorokan. Bagaimanapun juga, sakit radang tenggorokan harus segera Anda obati agar aktivitas bisa dilakukan kembali.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Sakit Tenggorokan

(NR)

Comment di sini