Razia Topeng Monyet, Jokowi: Kasihan Monyetnya Kurus Kayak Saya

by
October 23rd, 2013 at 1:12 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pekan ini pemerintah provinsi DKI Jakarta di bawah pimpinan Joko Widodo atau Jokowi merazia topeng monyet dan pawangnya yang dinilai telah lama meresahkan ketertiban di masyarakat.

Topeng monyet di Jakarta akan dirazia

Topeng monyet di Jakarta akan dirazia / Ist.

Diberitakan oleh Merdeka.com, hari ini, Rabu, 23 Oktober 2013, Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur telah menggelar razia topeng monyet yang sering mengamen di sekitar wilayah Jakarta Timur.

Razia terhadap topeng monyet dan pawangnya tersebut dilakukan terkait program Pemprov DKI Jakarta yang berencana membersihkan topeng monyet di tahun 2014 nanti.

Dari puluhan monyet yang terazia, Jokowi merasa kasihan melihat monyet hasil sitaan para petugas karena para monyet terlihat kurus dan tidak terurus.

“Kasihan monyetnya, kurus kayak saya,” ujar Jokowi saat melihat kondisi monyet di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2013 seperti dikutip oleh sumber berita.

Nantinya monyet hasi razia tersebut akan dibawa ke Kebun Binatang Ragunan untuk dipelihara agar tidak dieksploitasi lagi. Jokowi juga menyarankan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan lucunya aksi monyet bisa berkunjung ke kebun binatang.

Sebelumnya orang nomor satu di Jakarta ini mempromokan ’2014 Jakarta Bebas Topeng Monyet‘. Berbagai poster juga sudah disebar. Lewat poster tersebut, Jokowi menghimbau agar masyarakat tidak menyiksa monyet dengan cara mengeksploitasinya.

Dalam poster tertulis bahwa menyiksa monyet selain melanggar Pasal 302 KUHP, juga menyiksa hewan itu sendiri. Selain itu di dalam poster juga tertulis dengan jelas bahwa monyet bukan hewan peliharaan karena dapat menularkan penyakit TBC serta rabies. (RN)

Comment di sini