Razia Topeng Monyet, Pawang Dapat Uang Monyet Rp. 1 Juta

by
October 23rd, 2013 at 2:41 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Mulai pekan ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan merazia topeng monyet di kawasan Ibukota karena diniliai sudah terlalu meresahkan masyarakat dan para pengguna jalan.

Razia topeng monyet di Jakarta

Razia topeng monyet di Jakarta / Ist.

Seni jalanan tersebut dianggap sudah termasuk perbuatan eksploitasi terhadap hewan yang dilarang oleh pemerintah dan undang-undang.

Tidak hanya itu, monyet-monyet yang diajak berkeliling Ibukota itu dianggap bisa menularkan penyakit berbahaya termasuk rabies dan juga TBC.

Namun meski dirazia, Jokowi tidak akan menyiapkan uang kerahiman yang diberikan kepada setiap pawang topeng monyet yang binatang peliharaannya disita oleh Pemprov DKI Jakarta. Masing-masing pawang akan mendapat Rp. 1 juta dari setiap monyet yang disita.

Uang yang diberikan kepada para pawang itu bukan merupakan uang kerahiman yang biasanya diberikan kepada para korban penggusuran namun merupakan uang ganti rugi atas monyet yang disita.

“Nggak ada uang kerohiman, uang monyet itu,” ujar Jokowi, sapaan Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota, Rabu, 23 Oktober 2013 kepada sumber berita, Merdeka.com.

Para pawang monyet diharapkan untuk beralih profesi dan pekerjaan. Tugas ini diberikan kepada Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta sehingga mereka tidak menjadi pengangguran usai monyetnya disita.

Sebelumnya orang nomor satu di Jakarta ini mempromokan ’2014 Jakarta Bebas Topeng Monyet‘. Berbagai poster juga sudah disebar. Lewat poster tersebut, Jokowi menghimbau agar masyarakat tidak menyiksa monyet dengan cara mengeksploitasinya.

Baca juga: Razia Topeng Monyet, Jokowi: Kasihan Monyetnya Kurus Kayak Saya

(RN)

Comment di sini