Topeng Monyet di Jakarta Mulai Dirazia

by
October 23rd, 2013 at 11:19 am

Jakarta (CiriCara.com)Topeng monyet, pertunjukan seni jalanan yang melibatkan monyet dan merakyat di kalangan bawah menarik perhatian akhir-akhir ini.

Topeng monyet di Jakarta dirazia

Topeng monyet di Jakarta dirazia / Ist.

Pasalnya Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi menilai isu eksploitasi monyet untuk topeng monyet memang sudah mendunia dan wajib segera diatasi.

Jokowi juga menyatakan bahwa jika monyet tersebut tidak dirawat dengan baik maka akan menyebarkan penyakit rabies serta mengganggu ketertiban para pengguna jalan.

Sebelumnya orang nomor satu di Jakarta ini mempromokan ’2014 Jakarta Bebas Topeng Monyet‘. Berbagai poster juga sudah disebar. Lewat poster tersebut, Jokowi menghimbau agar masyarakat tidak menyiksa monyet dengan cara mengeksploitasinya.

Dalam poster tertulis bahwa menyiksa monyet selain melanggar Pasal 302 KUHP, juga menyiksa hewan itu sendiri. Selain itu di dalam poster juga tertulis dengan jelas bahwa monyet bukan hewan peliharaan karena dapat menularkan penyakit TBC serta penyakit lainnya.

Mulai pekan ini pemerintah provinsi DKI Jakarta mulai merazia monyet-monyet dan pawangnya yang berkeliaran di Jakarta. Untuk para pawang yang dirazia, pemerintah memberi insentif sebesar Rp. 1 juta untuk digunakan sebagai modal usaha.

Monyet-monyet yang sudah dirazia akan dirawat lebih dulu di Balai Kesehatan Hewan dan Ikan untuk dirawat. Setelah bebas dari penyakit dan rabies, monyet tersebut akan dipindah ke Taman Margasatwa Ragunan. (RN)

Comment di sini