Cara Merawat Kuku Agar Tak Mudah Patah

by
October 24th, 2013 at 4:44 pm

CiriCara.com – Selain punya wajah yang bebas jerawat dan tubuh yang langsing, ada hal lain yang bisa bikin sejumlah wanita semakin percaya diri yaitu kuku yang sehat dan cantik. Tak heran, banyak wanita yang sering pergi ke salon untuk merawat kukunya.

tips kecantikan, kecantikan kuku, tips merawat kuku, cara agar kuku tak mudah patah, kuku mudah patah, kuku kuat

Kuku cantik – Ist

Bukan hanya perawatan dari salon saja, tapi Anda juga harus melakukan perawatan sendiri. Jika tidak, maka kuku bisa menjadi cepat patah. Bukankah kuku yang sehat dan cantik ingin Anda dapatkan?

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Kuku Tangan dan Kaki

Oleh karena itu, lakukan perawatan sendiri. Jangan sampai, kuku Anda menjadi mudah patah dan berwarna kekuningan. Jika sudah begitu, maka petanda bwha kuku kekurangan vitamin atau ada serangan jamur.

Untuk mencegah hal itu terjadi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari Vemale.com, berikut cara merawat kuku agar tak mudah patah:

1. Jangan terlalu sering memakai cat kuku

Anda termasuk wanita yang suka mengganti-ganti warna kuku? Sebaiknya kurangi hal tersebut. Cat pewarna kuku mengandung bahan kimia. Jika digunakan terus-menerus, maka bisa membuat kuku jadi tidak sehat. Sebaiknya, istirahatkan sejenak kuku Anda. Jangan lupa rendam kuku dengan air hangat setelah Anda mebersihkannya dengan remover.

Baca juga: Cara Tepat Memilih Warna Cat Kuku

2. Hilangkan kebiasaan menggigit kuku

Jangan membiasakan diri untuk menggigit kuku karena bisa membuatnya jadi mudah patah dan tidak sehat. Sebaiknya, gunakan gunting kuku saja untuk merapikannya.

3. Memakai sarung tangan

tips kecantikan, kecantikan kuku, tips merawat kuku, cara agar kuku tak mudah patah, kuku mudah patah, kuku kuat

Merendam kuku – Ist

Biasakan menggunakan sarung tangan khusus setiap melakukan pekerjaan rumah, seperti mengepel, mencuci piring, dan menyikat kamar mandi. Hal tersebut untuk melindungi tangan dari paparan bahan kimia yang berbahaya. Ketahuilah bahwa bahan kimia itu bisa membuat kuku jadi kering dan mudah patah.

4. Pakai pelembap

Untuk melembapkan kuku, Anda bisa memakai lotion yang kaya akan vitamin E atau minyak zaitun. Pakaikan setiap habis mandi atau sebelum tidur. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kuku yang sehat dan tidak mudah patah.

5. Manikur dan pedikur di rumah

Untuk menjaga kebersihan dan kelembapan kuku, Anda harus melakukan manikur dan pedikur di rumah setiap satu minggu sekali. Tuangkan air hangat dalam baskom dan tambahkan minyak zaitun. Rendam kuku selama beberapa menit, lalu keringkan dengan handuk halus.

Baca juga: Cara Mudah Manikur dan Pedikur di Rumah

Itulah cara merawat kuku agar tak mudah patah. Lakukan perawatan tersebut demi mendapatkan kuku yang sehat dan kuat. Dengan begitu, penampilan Anda akan terlihat semakin sempurna.

Baca juga: Cara Buat Kuku Kuat Pakai Bawang Putih

(NR)

Comment di sini