Mau Masuk Timnas U-19? Ini Kriterianya

by
October 24th, 2013 at 11:08 am

Jakarta (CiriCara.com) – Meski dengan skuad yang sekarang Timnas U-19 Indonesia sudah berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2014, pelatih Indra Sjafri tetap membuka peluang untuk pemain baru. Seperti apa kriteria pemain yang bisa masuk Timnas U-19?

timnas u-19 2013

Latihan Timnas U-19 – Antara

Indra mengatakan bahwa dirinya mempunyai kriteria khusus untuk para pemain Timnas U-19. Sedikitnya ada 4 kriteria yang harus dimiliki setiap pemain yang ingin menjadi salah satu pemain Garuda Muda asuhan Indra Sjafri.

“Yang pertama harus bagus skill sepakbolanya,” kata Indra. Menurut Indra, ada ahli tersendiri yang akan menilai skill setiap calon pemain Timnas U-19.

Untuk kriteria yang kedua, Indra mensyaratkan agar calon pemain Timnas U-19 harus mempunyai kecerdasan. Ada tes tersendiri yang akan dilakukan oleh tim pelatih. “Tesnya bukan IQ seperti perguruan tinggi,” jelasnya.

Untuk kriteria yang ketiga, setiap calon pemain harus mempunyai fisik yang bagus dan sudah sesuai dengan standar yang ditentukan. Para calon pemain terlebih dahulu akan menjalani tes fisik selama proses seleksi. “Standar (fisik) kita sudah Asia,” kata Indra.

Kriteria yang keempat adalah mental. Menurut Indra, mental pemain Timnas U-19 saat ini masih belum terlatih. Karenanya, pihak pelatih sudah menyiapkan ahli untuk mengatasi masalah tersebut.

“(Kriteria) yang terakhir adalah mental. Ini yang kita benahi dan kita punya pelatih mental dari UGM,” kata Indra yang juga merupakan mantan pemain PSP Padang.

Indra mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah membeda-bedakan suku ataupun status ekonomi para pemain. Bagi Indra, asalkan pemain tersebut bagus, maka dia pantas untuk masuk skuad Timnas U-19.

“Mau dia orang Aceh, orang Padang, orang Papua, orang miskin, orang kaya, saya tidak peduli,” tegas Indra, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (24/10/2013).

(YG)

Comment di sini