Surabaya Punya Petugas Satpol PP Cantik

by
October 24th, 2013 at 4:29 pm

Surabaya (CiriCara.com) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya ternyata mempunyai personel perempuan. Tidak hanya tegas dalam menjalan tugas, Satpol PP perempuan ini juga berparas cantik.

satpoltik, satpol pp cantik

Satpol PP Perempuan Kota Surabaya – detik.com

Menurut Kasatpol PP Irvan Widyanto, para personel Satpol PP cantik itu direkrut dengan seleksi yang cukup ketat. Mereka harus lolos tes psikologi, wawancara, dan juga serangkaian tes fisik seperti sit up, push up, dan baris berbaris.

“Minimal berpendidikan SMA,” kata Irvan, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (24/10/2013).

Baca juga: Polisi Ganteng vs Polisi Cantik.

Irvan menjelaskan bahwa perekrutan Satpol PP cantik itu dimulai pada Mei 2011. Perekrutan personel perempuan ini merupakan ide dari Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. “Ini idenya bu Walikota,” ujar Irvan.

Irvan menjelaskan bahwa personel Satpol PP cantik itu mempunyai tugas khusus dalam mengatasi permasalahan kota. Mereka ditugaskan untuk melakukan pendekatan kepada anak-anak dan juga perempuan.

“Satpol PP perempuan bertugas melakukan pendekatan psikologi terhadap anak dan perempuan. Mereka bertugas melakukan tindakan persuasif yang mengutamakan komunikasi,” jelas Irvan.

Irvan mencontohkan, jika razia pedagang kaki lima (PKL), Satpol PP cantik akan melakukan pendekatan ke pedagang perempuan dan anak. Sementara itu, Satpol PP laki-laki yang melakukan pembongkaran warung dan bangunan liar.

Saat melakukan razia pekerja seks komersial (PSK), Satpol PP cantik juga akan ikut dikerahkan. Mereka akan ditugaskan untuk melakukan pendataan dan juga pendekatan psikologi terhadap para PSK yang terjaring razia.

Menurut Irvan, para personel Satpol PP cantik itu masih berstatus sebagai tenaga kontrak. Seperti diberitakan detik.com, sudah ada 45 perempuan yang menjadi Satpol PP di Surabaya.

(YG)

Comment di sini