10 Manfaat Ajang Reporter Cilik

by
October 25th, 2013 at 9:04 am

CiriCara.com – Dalam majalah Saburai yang terbit di Lampung, saya menemukan sebuah artikel tentang reporter cilik di Lampung. Hmm, majalah Lampung kok  bisa sampai ke tangan saya yang tinggal di Makassar?

Reporter Cilik sedang beraksi

Reporter Cilik sedang beraksi / Ist.

Ya, begitulah. Makassar dan Lampung terpisah oleh lautan tetapi melalui ajang nasional, ICT USO EXPO yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi yang dihadiri partisipan dari seluruh Indonesia ini, berita tentang Lampung bisa saya ketahui.

Well, saya tertarik dengan artikel tentang reporter cilik ini, dan mencoba menelusuri internet. Beberapa bahan saya dapatkan. Membaca semuanya membuat saya terharu dan turut bangga dengan kecerdasan para reporter cilik didikan media dan juga salut kepada Lampung Post dan Media Indonesia yang berdedikasi tinggi dalam menumbuhkan semangat jurnalistik di antara anak-anak usia SD – SMP itu.

Dalam artikel itu diceritakan bagaimana Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP, melepas 13 reporter cilik harian Lampung Post, sebagai bagian dari program Lampung Merajut Indonesia (13 Maret 2013). Dalam kesempatan itu, ketigabelas reporter cilik itu mewawancarai gubernur Lampung mengenai program kerjanya selama menjabat selama dua masa jabatan.

Selain itu, wakil pimpinan umum Lampung Post, Djadjat Sudradjat mengatakan bahwa 56 reporter cilik selampung yang lolos pada audisi sebelumnya akan melanjutkan wawancaranya dengan para Gubernur se-Indonesia. Wuiiih, hebat ya.

Pada tahun lalu, Dhela Via Astuti, siswa kelas 5 SDN 01 Bangunjaya, Tulang Bawang Barat, lolos ke tingkat Provinsi dan berkompetisi di tingkat nasional. Ayahnya adalah seorang pengambil getah karet, ibunya menjadi TKI di Malaysia dan daerah tempat Dhela tinggal bahkan belum dialiri listrik. Tapi semangat dan keinginan Dhela untuk terus belajar membuatnya lolos audisi Reporter Cilik. Wow semoga Dhela tetap semangat seterusnya.

Mengamati sebuah artikel yang berisi wawancara 3 orang reporter cilik kepada pimpinan PT. Taspen, membuat saya manggut-manggut. Ada beberapa pengetahuan tersegarkan, bahkan baru saya ketahui setelah membaca artikel  tersebut.

Manfaat menjadi reporter cilik

Manfaat menjadi reporter cilik / Ist.

Seperti bahwa PT Taspen yang didirikan pada 1 Juli 1961 adalah kepanjangan dari PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero). PT Taspen merupakan BUMN  yang diberi tugas oleh pemerintah untuk mengelola program tabungan hari tua dan pembayaran pensiun. Kantor pusatnya ada di Jakarta dan memiliki 45 cabang di beberapa kota di Indonesia. PT Taspen memiliki beberapa bagian dengan tugas-tugas yang spesifik, pegawainya dipantau, dan tidak boleh bersikap yang tak etis kepada para pensiunan.

Menarik sekali program Reporter Cilik ini karena ada 10 manfaat yang bisa diperoleh, yaitu:

  1. Membuktikan bahwa keterbatasan (latar belakang seorang anak) bukanlah halangan dalam berprestasi
  2. Membuktikan bahwa dari anak-anak, orang dewasa pun bisa mendapatkan tambahan atau penyegaran pengetahuan
  3. Menumbuhkan kepercayaan diri anak
  4. Melatih kemampuan komunikasi verbal anak
  5. Melatih kemampuan tulisan anak dalam menuliskan hasil reportasenya. Sekaligus melatih daya nalarnya dalam menuangkan isi wawancara (verbal) ke dalam bentuk tulisan
  6. Meningkatkan wawasan anak. Anak akan terlatih dalam menggali sebuah wacana atau permasalahan
  7. Menjadi “tabungan” prestasi anak dalam curriculum vitae-nya. Ini akan bermanfaat di masa mendatang
  8. Mengajar anak membina relasi dengan “orang-orang penting” dan memanfaatkannya untuk kebaikan bersama (bukan untuk kepentingan pribadi semata)
  9. Nilai tambah bagi sekolah, media, dan pemerintah yang serius mengupayakannya
  10. Menjadi sumber motivasi bagi anak-anak lain (bahkan orang dewasa) untuk lebih bersungguh-sungguh berkarya dan mengupayakan prestasi

Baca jugaCara Cerdas Mendidik Anak Menjadi Kreatif

Contoh kegiatan dan aksi para reporter cilik ini bisa diintip dalam video-video berikut:


Mudah-mudahan ajang ini bisa panjang umur dan berlangsung selamanya, serta menebarkan manfaat kepada semua orang.

Makassar, 24 Oktober 2013

 

Comment di sini