3 Olahraga untuk Menyembuhkan Pilek

by
October 25th, 2013 at 11:35 am

CiriCara.com – Hidung tersumbat karena pilek merupakan kondisi yang bisa membuat seseorang jadi tidak fokus dengan aktivitas yang sedang dilakukan. Pilek merupakan gejala yang timbul karena influenza atau biasa dikenal dengan nama flu.

Baca juga: Kenali Macam-macam Flu dan Cirinya

tips kesehatan, menyembuhkan pilek, pilek, flu, olahraga untuk menyembuhkan pilek, sembuhkan pilek dengan olahraga

Jogging – Ist

Penyumbatan hidung bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti udara dingin, pilek, alergi, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, Anda tak perlu terus-terusan meminum obat. Jika beberapa kali meminum obat tapi tak kunjung sembuh, maka sebaiknya Anda hentikan saja.

Untuk menyembuhkan pilek, ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah olahraga. Walaupun sedang pilek, namun bukan berarti Anda jadi malas-malasan untuk beraktivitas atau hanya berbaring saja di tempat tidur. Cobalah untuk berolahraga agar pilek yang dialami bisa segera sembuh.

Ada 3 olahraga yang bisa menyembuhkan pilek. Apa saja? Dilansir Wolipop.Detik.com yang mengutip dari Huffington Post, berikut 3 olahraga yang disarankan oleh Richard Besser, M.D., editor in chief ABC News:

1. Jogging

Dilansir sumber yang sama, seorang dokter anak dan keuarga, Andrea Hulse, D.O., mengatakan bahwa berlari-lari kecil bisa meringankan pilek yang dialami seseorang. Berlarii merupakan obat alami yang bisa membantu menjernihkan pikiran dan membuat seseorang merasa normal kembali.

Sejumlah atlet juga mengaku bahwa dengan jogging membuat tubuhnya merasa lebih baik saat sakit. Oleh karena itu, Anda bisa jogging yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan tubuh pada pagi atau sore hari untuk meringankan pilek yang dialami.

2. Yoga

tips kesehatan, menyembuhkan pilek, pilek, flu, olahraga untuk menyembuhkan pilek, sembuhkan pilek dengan olahraga

Yoga – Ist

Yoga bukan hanya untuk menghilangkan stres saja, tapi juga meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh akan melepaskan hormon stres cortisol saat melawan infeksi yang biasanya terjadi ketika pilek menyerang. Untuk menyembuhkan pilek, Anda bisa memilih yoga yang ringan dan bertempo lambat.

Misalnya, pose duduk menelungkup dengan lutut menekuk dan berbaring sambil kaki diangkat menyandar ke dinding. Jangan lupa untuk mengatakan “om” secara teratur. Penelitian di Swedia menunjukkan bahwa bersenandung merupakan cara efektif untuk membuka saluran hidung dan pernapasan yang tersumbat.

3. Berjalan

Selain jogging dan yoga, jalan santai juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi pilek. Saat hidung tersumbat, jalan santai di luar ruangan dan ambil napas dalam-dalam sehingga saluran pernapasan lebih terbuka. Sempatkan untuk melakukan hal tersebut selama 20 menit. Namun, jika tubuh bertambah lemas atau kondisi memburuk, sebaiknya hentikan dan beristirahatlah.

Itulah 3 olahraga untuk menyembuhkan pilek. Jadi, jangan berhenti beraktivitas walaupun Anda sedang pilek. Cobalah untuk melakukan salah satu olahraga di atas agar pilek lekas sembuh.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Pilek dalam Sehari

(NR)

Comment di sini