Diimbau Kerja Sama dengan FPI, DPR: Sekalian Saja Geng Motor

by
October 25th, 2013 at 3:12 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Imbauan Mendagri Gamawan Fauzi yang menyarankan kepala daerah untuk bekerja sama dengan ormas seperti FPI terus memunculkan sejumlah kritik. Gamawan dianggap telah keliru dalam menyampaikan imbauan.

eva kusuman sundari dpr

Eva Kusuma Sundari – Liputan.com

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Eva Kusuma Sundari menganggap kerja sama dengan FPI hanya akan merusak penegakan hukum di daerah tersebut. Apalagi, FPI dikenal sebagai ormas yang sering terlibat aksi anarkis.

“Mendagri disorientasi, membahayakan penegakan hukum di daerah dan pelaksanaan prinsip konstitusionalisme,” ujar Eva yang juga merupakan politisi dari PDI Perjuangan, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (25/10/2013).

Baca juga: Mendagri: FPI Adalah Aset Bangsa.

Lebih lanjut, Eva pun mengaku tidak habis pikir kenapa Mendagri bisa mengusulkan FPI untuk bekerja sama dengan kepala daerah. Padahal menurut Eva, FPI selama ini dikenal identik dengan aksi kekerasan.

“Kenapa FPI? Sekalian saja sarankan Pemda kerja sama dengan geng motor. Toh sama-sama berwatak premanisme,” kata Eva.

Eva pun sempat menduga bahwa pernyataan itu merupakan bentuk ketakutan Mendagri terhadap FPI. Apalagi, FPI sempat mengancam akan merusak Kantor Kemendagri beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya, Mendagri Gamawan sempat menyatakan bahwa kepala daerah sebaiknya bekerja sama dengan ormas, termasuk FPI. Menurutnya, kerja sama itu bisa dilakukan di beberapa faktor tertentu agar mengarah ke hal yang lebih baik.

“Kalau perlu (kepala daerah) dengan FPI juga kerja sama untuk hal-hal tertentu. Iya kan?” ujar Gamawan dalam sambutannya di pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengelolaan Kawasan Perkotaan Tahun 2013, Kamis (24/10/2013) kemarin.

(YG)

Comment di sini