Hari Ini Sutarman Dilantik Jadi Kapolri

by
October 25th, 2013 at 10:16 am

Jakarta (CiriCara.com) – Menggantikan Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) sebelumnya, Jenderal Timur Pradopo. Sutaraman dipilih menjadi Kapolri baru.

Kapolri Sutarman

Kapolri Sutarman / IslamPos

Dilansir dari RMOL.co, hari ini, Jumat, 25 Oktober 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melantik Komisaris Jenderal ini menjadi Kapolri baru. Sebelum menjadi Kapolri, Sutarman dikenal sebagai calon tunggal Kapolri yang diusulkan oleh Presiden SBY kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sutarman sebelumnya pernah dikenal sebagai mantan ajudan mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Pada rapat Komisi III yang digelar pada 17 Oktober 2013 lalu, DPR mengakui pengajuan Sutarman sebagai Kapolri oleh SBY dan dalam sidang paripurna yang digelar pada hari Selasa, 22 Oktober 2013  Sutarman ditetapkan menjadi Kapolri.

Sutarman dipilih menjadi pengganti Timur Pradopo karena ia memiliki rencana yang menarik perhatian masyarakat seperti membentuk tim Densus Anti Korupsi. Selain itu, jika ia terpilih menjadi Kapolri maka dalam menghadapi Pemilu 2014, Polri akan bersikap netral.

Tidak hanya menjadi ajudan Gus Dur, Sutarman pernah menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polri, Kapolwiltabes Surabaya, Kapolda Kepri, Kaselapa Lemdiklat Polri, Kapolda Jabar, dan Kapolda Metro Jaya.

Pengganti Kapolri Jenderal Timur Pradopo tersebut lahir di Sukoharjo, Jawa Tengah pada 5 Oktober 1957. Ia mengawali kariernya di Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sejak tahun 1982 sebagai Staf Lantas Polres Bandung Polda Jabar. Setelah itu ia menjadi Kapolsek Dayeuh Polres Bandung Polda Jabar pada tahun yang sama. (RN)

Comment di sini