Ribuan Buruh Demo Kantor Jokowi Siang Ini

by
October 29th, 2013 at 10:03 am

Jakarta (CiriCara.com) – Para buruh Jakarta akan kembali menggelar aksi demo untuk menuntut kenaikan upah minimum pekerja tahun 2014 menjadi Rp 3,4 juta. Buruh akan mendatangi kantor Gubernur DKI Jakarta Jokowi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, siang nanti.

demo buruh di jakarta

Demo Buruh – Liputan6.com

Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhammad Rusli mengatakan, aksi demo ini akan diikuti oleh sekitar 1000 buruh. Mereka berharap agar bisa bertemu Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Kami akan menggelar demo dan melakukan orasi dan berharap bisa bertemu Pak Jokowi dan Ahok,” kata Rusli, seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (29/10/2013).

Baca juga: Pengusaha Siap Gaji Rp 13 Juta, Tapi Ada Syaratnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, ribuan buruh yang tergabung dalam KSPI itu akan menggeruduk kantor Jokowi sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka akan menuntut janji Jokowi-Ahok yang pernah menyatakan bahwa upah minimum pekerja DKI Jakarta bisa mencapai Rp 4 juta.

Para buruh yang berasal dari berbagai wilayah industri di DKI Jakarta dan sekitarnya itu mengaku akan melakukan aksi mogok kerja sampai 31 Oktober, bahkan sampai 1 November 2013 nanti. Mereka juga akan terus melakukan aksi demo besar-besaran.

Selain menuntut UMP sebesar Rp 3,4 juta, kata Rusli, mereka juga menuntut dua hal lainnya. Buruh menuntut agar pemerintah memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat miskin. Mereka juga mendesak agar pemerintah menghapuskan sistem kerja outsourcing di BUMN.

Menurut Rusli, tuntutan yang diminta buruh itu sudah dipertimbangkan dengan perkembangan ekonomi Indonesia dan UMP Rp 3,4 juta dinilai sudah tepat. “Ekonomi Indonesia terbaik kedua setelah China,” katanya.

(YG)

Comment di sini