FPI Tuntut Ahok Mundur, Pengamat: Tidak Bisa

by
October 30th, 2013 at 4:38 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Front Pembela Islam (FPI) mendesak agar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahok mundur dari jabatannya. Ahok dinilai telah asal bicara saat menyatakan bahwa imbauan kerja sama Pemprov DKI dengan FPI itu tidak mendasar. Bisakah FPI melengserkan Ahok?

ahok 2013

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Ist

Pengamat politik dan pemerintah dari Universitas Indonesia (UI), Andrinof Chanigo menilai tuntutan FPI agar Ahok mundur dari jabatannya itu tidak relevan. Menurutnya, FPI tidak bisa menurunkan Ahok hanya karena permasalahan beda pendapat.

“Kecuali kalau Ahok korup (korupsi) dan menyalahgunakan wewenang yang diproses di pengadilan, baru relevan dituntut turun,” kata Andrinof, seperti dikutip dari detik.com pada Rabu (30/10/2013).

Andrinof menjelaskan bahwa pejabat pemerintahan hanya bisa diturunkan jika dia tersangkut masalah yang melanggar hukum. Sedangkan Ahok, lanjut Andrinof, hanya menyampaikan pendapat dan tidak melanggar hukum.

“Kalau urusan dia ingin memberitahu yang benar sesuai konstitusi dan punya pandangan berbeda menyikapi FPI, ya tidak ada yang salah,” ujar Andrinof.

Baca juga: FPI Akan Demo Ahok Besar-besaran.

Mengenai ancaman demo oleh FPI, Andrinof menyarankan agar aksi demo itu bisa berjalan dengan tertib tanpa ada aksi anarkis. “Tapi kalau melakukan cara kekerasan saya rasa Pak Ahok juga punya hak untuk membela kepentingan yang lebih besar,” ujarnya.

(YG)

Comment di sini