4 Makanan untuk Mengusir Stres

by
October 31st, 2013 at 3:03 pm

CiriCara.com – Saat sedang stres dengan pekerjaan, kesal dengan pasangan, atau marah dengan rekan kerja, biasanya orang, khusunya wanita cenderung melampiaskannya dengan memakan makanan manis atau junk food. Cokelat, es krim, keripik kentang seringkali menjadi sasaran saat wanita sedang stres.

Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Mencegah Stres

Dengan mengonsumsi makanan tersebut memang bisa mengusir stres. Tapi, ketahuilah bahwa hal tersebut hanya Anda rasakan beberapa saat saja. Malah, ada dampak negatifnya yaitu bikin tubuh Anda menjadi gemuk dan kolesterol juga naik.

Dilansir dari Wolipop.Detik.com, Marisa Moore, R.D.N., pakar nutrisi dari Atlanta dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bawha beberapa nutrisi memang bisa meningkatkan mood, tapi makanan berlemak bisa membuat fungsi tubuh menurun karena sulit dicerna oleh tubuh.

Daripada mengonsumsi makanan manis dan junk food yang bisa bikin tubuh gemuk, lebih baik Anda mengonsumsi makanan lain saja untuk menghilangkan stres. Ada 4 makanan yang bisa Anda makan untuk menghilangkan stres yang dirasa, Apa saja?

Inilah 4 makanan untuk mengusir stres:

1. Almond

tips kesehatan, stresn, cara mengatasi stres, 4 makanan mengusir stres, 4 makanan untuk mengusir stres, stres

Almond – Ist

Satu sajian almond atau kira-kira sebesar genggaman tangan bisa memenuhi kebutuhan harian akan magnesium. Jenis mineral itu membantu mengontrol level kortisol agar tetap rendah. Sejumlah studi menunjukkan bahwa magnesium memiliki efek menenangkan syaraf dan membuat tidur lebih nyenyak.

2. Salmon

tips kesehatan, stresn, cara mengatasi stres, 4 makanan mengusir stres, 4 makanan untuk mengusir stres, stres

Salmon – Ist

Ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 ini bisa mengembalikan suasana hati Anda. Selain itu, kandungan tersebut juga membantu melindungi kesehatan jantung dan menjaga detaknya tetap stabil ketika level kortisol meningkat. Kortisol merupakan hormon seks karena dilepaskan ketika seseorang berada dalam tekanan. Jika hormon terus bertambah, maka bisa mengganggu kestabilan sistem tubuh. JIka sudah seperti itu, maka disarankan untuk mengonsumsi satu fillet salmon minimal seminggu 3 kali.

3. Brokoli

tips kesehatan, stresn, cara mengatasi stres, 4 makanan mengusir stres, 4 makanan untuk mengusir stres, stres

Brokoli – Ist

Brokoli sama dengan jeruk yaitu mengandung vitamin C. Vitamin C membantu mengontrol tekanan darah dan level kortisol yang menimbulkan stres. Selain itu, kandungan vitamin C juga menguatkan daya tubuh saat seseorang sedang dilanda stres. Jika stres, maka Anda bisa mengonsumsi dengan cara merebus brokoli dengan celupan minyak zaitun. Lalu dicocol dengan sambal atau dicampurkan ke dalam omelet.

4. Alpukat

tips kesehatan, stresn, cara mengatasi stres, 4 makanan mengusir stres, 4 makanan untuk mengusir stres, stres

Alpukat – Ist

Kandungan yang ada di dalam alpukat bisa mengurangi stres dengan membantu tubuh menjaga kestabilan fungsi sistem syaraf. Mineral yang terkandung di dalamnya juga membantu menstabilkan tekanan darah sehingga stres dan gelisah akan berkurang. Namun, perlu Anda ingat bahwa sebaiknya mengonsumsi alpukat tak usah dicampur susu kental manis atau gula.

Itulah 4 makanan untuk mengusir stres. Jadi, saat Anda stres cobalah untuk mengonsumsi keempat makanan itu saja, daripada mengonsumsi junk food.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Stres

(NR)

Comment di sini