6 Bahaya Makan Telur Setiap Hari

by
October 31st, 2013 at 11:28 am

CiriCara.com – Telur nampaknya merupakan salah satu makanan favorit bagi sejumlah orang Indonesia. Telur ayam bisa diolah dengan cara direbus, dadar, dan mata sapi. Kabarnya, sarapan dengan memakan satu butir telur rebus juga bisa bikin tubuh Anda sehat.

makan telur, tips kesehatan, telir, telur ayam, bahaya makan telur setiap hari, 7 bahaya makan telur setiap hari

Makan telur – Ist

Kandungan yang ada dalam telur, seperti kolin merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan fungsi otak. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin juga bisa mencegah keruskan mata, terutama katarak dan degenerasi makula.

Walaupun banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, namun ketahuilah bahwa terlalu sering memakannya juga tak baik bagi kesehatan dan kecantikan. Ada beberapa dampak buruk yang bisa Anda dapat jika terlalu sering mengonsumsi telur. Apa saja?

Dilansir dari Vemale.com, berikut 6 bahaya makan telur setiap hari bagi kesehatan:

1. Kolesterol tinggi

Terdapat 200 mg lemak dalam satu butir telur. Mengonsumsi 6 butir dalam seminggu adalah batas maksimal. namun, sebaiknya imbangi dengan olahraga dan mengonsumsi sayran hijau. Jika tidak, maka kolesterol Anda akan tinggi dan meningkatkan risiko sakit jantung.

2. Hormon tidak seimbang

Memakan banyak telur membuat hormon mudah naik turun, terlebih bagi wanita. Untuk mencegah terjadi hal itu, sebaiknya Anda imbangi dengan memakan sayur dan buah setiap harinya.

3. Menimbulkan alergi

Telur bisa menimbulkan alergi, apalagi saat ini banyak telur imitasi. Untuk itu, pilihlah telur yang benar-benar memiliki kualitas yang baik, tidak busuk, dan lain sebagainya. Hal tersebut untuk meminimalisir efek tidak higenis dari telur yang bisa membuat Anda alergi.

Baca juga: Cara Cerdas Memilih dan Menyimpan Telur

makan telur, tips kesehatan, telir, telur ayam, bahaya makan telur setiap hari, 7 bahaya makan telur setiap hari

Telur rebus site:ciricara.com

4. Berat badan naik

Telur juga mengandung lemak tinggi sehingga bisa bikin berat badan seseorang menjadi naik. Jika ingin lebih sehat, maka sebaiknya Anda memakan telur 2-3 hari sekali saja. Dengan begitu, Anda akan sehat dan berat badan pun tidak akan naik.

5. Risiko diabetes

Lemak yang ada di dalam telur bisa menyebabkan penyakit kencing manis, terutama pada wanita. Pria yang setiap hari mengonsumsi telur berisiko 55% mengalami diabetes. Sedangkan, wanita 77% mengalami diabetes jika mengonsumsi telur setiap hari.

6. Tumbuh jerawat

Telur bisa membuat kulit berminyak atau mengalami jerawat hormonal. Sama halnya seperti kacang, telur juga bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Itulah 6 bahaya makan telur setiap hari. Kandungan dalam telur memang berkhasiat bagi kesehatan. Tapi, Anda harus membatasi untuk mengonsumsinya. Jangan lebih dari 6 butir telur dalam seminggu. (NR)

Comment di sini