Ada Gerhana Matahari Langka 3 November 2013

by
October 31st, 2013 at 1:40 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Hari Minggu, 3 November 2013 ini ada sebuah peristiwa astronomi langka yang bisa disaksikan oleh penduduk bumi yaitu gerhana matahari..

Gerhana Matahari 3 November 2013

Gerhana Matahari 3 November 2013 / Ist.

Gerhana matahari ini kemungkinan besar bisa disaksikan secara kasat mata. Penduduk di belahan bumi bagian Samudera Atlantik dan Afrika yang dilintasi garis khatulistiwa dipastikan bisa menyaksikan gerhana matahari ini.

Negara yang mungkin bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian ini antara lain negara-negara di kawasan Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin bagian utara, Kepulauan Karibia serta bagian timur Amerika Serikat. 

Gerhana matahari sebagian kali ini termasuk gerhana langka karena bayangan bulan hanya menutup sebagian badan matahari selama 15 detik. Gerhana ini  juga sering disebut hybrid solar eclipse atau gerhana matahari hibrida.

Gerhana jenis ini terjadi terakhir kali pada tanggal 7 Maret 1617 dan akan kembali terjadi lagi pda tanggal 23 April 2897. Meski sebagian penduduk bumi bisa menyaksikan gerhana ini namun masyarakat Indonesia tidak bisa menyaksikan peristiwa ini karena lokasi negara kita berada di sisi selatan khatulistiwa.

Sementara Indonesia sendiri pernah berkesempatan untuk menyaksikan gerhana matahari sebagian pada tanggal 10 Mei 2013 lalu. Seluruh area di Indonesia bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian tersebut kecuali penduduk kawasan pulau Sumatera.

Baca jugaFoto: Gerhana Matahari Sebagian di Indonesia 10 Mei 2013

(RN)

Universe Today

Comment di sini