Bentrok Dengan Ormas di Cikarang, 3 Buruh Luka Bacok

by
October 31st, 2013 at 4:38 pm

Bekasi (CiriCara.com) – Ratusan buruh yang sedang bersiap menggelar unjuk rasa di kawasan industri EJIP (East Jakarta Industrial Park), Cikarang, Bekasi, Jawa Barat bentrok dengan ormas pemuda. Akibatnya, 3 buruh dilaporkan mengalami luka bacok.

demo buruh fspmi

Demo buruh FSPMI – Tribunnews.com

Menurut Panglima Koordinator Daerah (Pangkorda) Garda Metal Kabupaten Bekasi, Baris Silitonga, bentrok buruh dan ormas pemuda itu terjadi sekitar pukul 08.00 WIB, Kamis (31/10/2013), tadi pagi. Tidak diketahui pemicu dari bentrokan tersebut.

“Di Jalan Cisokan 1, Perapatan Kawasan EJIP Desa Sukaresmi, Kecamatan Cikarang Selatan,” kata Baris, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (31/10/2013).

Baris menuturkan bahwa awalnya sekitar 300 buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berkumpul di Jalan Sicokoan. Mereka bersiap melakukan aksi unjuk rasa menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) tahun 2014.

Namun, tiba-tiba saja massa buruh didatangi anggota ormas yang jumlahnya sekitar 500-an orang. Bentrokan pun pecah, buruh berlarian kabur karena dikejar oleh massa ormas yang jumlahnya lebih banyak.

Tidak diketahui identitas dan nama dari ormas pemuda tersebut. Hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak polisi selaku penegak hukum. “Kejadian itu mengakibatkan 3 buruh luka-luka,” kata Baris.

Sementara itu, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengaku kecewa dengan pihak Polres Bekasi. Menurutnya, Polres Bekasi telah lalai sehingga buruh bisa diserang oleh massa ormas pemuda yang diduga adalah preman.

“Malam ini akan melaporkan Kapolres Bekasi agar dicopot dari jabatannya, karena telah melakukan pembiaran terhadap preman bersenjata tajam dalam aksi mogok nasional buruh,” tegas Iqbal.

(YG)

Comment di sini