Gempa 5,1 SR Guncang Tasikmalaya

by
October 31st, 2013 at 9:04 am

Tasikmalaya (CiriCara.com) – Pagi hari ini, Kamis 31 Oktober 2013 wilayah Tasikmalaya diguncang gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR). Gempa ini terjadi sekitar pukul 04.45 WIB dan dirasakan oleh warga sekitar kurang lebih selama 10 detik.

Gempa Bumi di Tasikmalaya

Gempa Bumi di Tasikmalaya / Ist.

Dilansir dari Detik.com, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), titik gempa ini berada di koordinat 8.09 LS (Lintang Selatan) dan 107.89 BT (Bujur Timur) dengan kedalaman 20 km atau terletak sekitar 68 km di sebelah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Meski menyerang Tasikmalaya namun guncangan bisa dirasakan di Ciamis, Banjar, dan Garut. Para warga yang tengah tertidur terpaksa bangun pagi karena gempa yang menyerang wilayah di Jawa Barat tersebut.

Gempa ini tidak berpotensi tsunami namun hingga sekarang belum diketahun berapa kerugian material dan imaterial terkait dengan gempa pagi ini.

Banyak warga mengaitkan peristiwa gempa ini dengan aktivitas vulkanik yang terjadi di dalam Gunung Guntur. Namun BMKG menegaskan bahwa gempa di Tasikmalaya kali ini tidak berkaitan dengan aktivitas gunung berapi tersebut. (RN)

Comment di sini