Buruh: Upah Naik Untuk Cicilan Motor Ninja 250

by
November 1st, 2013 at 10:11 am

Jakarta (CiriCara.com) – Sejumlah buruh yang bekerja di kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur, kemarin menggelar aksi unjuk rasa kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta jadi Rp 3,7 juta. Dalam aksinya, mereka konvoi menggunakan sepeda motor.

demo buruh 2013

Demo Buruh – Metrotvnews.com

Meski mengaku kurang dengan gaji yang sekarang, beberapa buruh terlihat menggunakan sepeda motor gede yang harganya bisa mencapai puluhan juta. Hal ini jelas berbeda dengan penuturan para buruh yang mengaku hidup pas-pasan.

Salah satu buruh yang bernama Agus menuturkan bahwa gaji Rp 2,5 juta per bulan habis untuk membayar uang kost, dan mengirim ke orangtua. “Saya kan dari daerah, jadi tiap bulan harus kirim ke orangtua, belum lagi bayar kost,” jelasnya.

Agus sangat berharap UMP tahun depan bisa naik agar dirinya bisa membayar uang cicilan motor. Apalagi, Agus diketahui mempunyai sepeda motor berjenis Kawasaki Ninja 250.

“Upah harus naik, saya butuh uang untuk kebutuhan lainnya, kayak cicilan motor,” kata Agus seperti dikutip dari Okezone.com, Kamis (31/10/2013) kemarin.

Lebih lanjut, Agus mengaku mengikuti demo sebagai salah satu bentuk solidaritas sesama buruh. Menurut Agus, seluruh buruh di Indonesia harus bersatu untuk menolak politik upah murah. “Rasa solidaritas sama teman-teman,” katanya.

Baca juga: Demo Buruh Bentrok dengan Ormas di Bekasi, 3 Buruh Luka Bacok.

Sementara itu, sejumlah buruh lainnya juga terlihat membawa sepeda motor gede seperti, Honda Tiger, Yamaha Vixion, dan Kawasaki Ninja. Mereka melakukan aksi konvoi dan juga sweeping ke sejumlah perusahaan.

Rencananya, aksi unjuk rasa buruh menuntut kenaikan UMP 2014 akan kembali digelar pada hari Jumat (1/11/2013) siang nanti. Ribuan buruh kabarnya akan berkumpul di Balai Kota DKI Jakarta dan juga Istana Negara.

(YG)

Comment di sini