Cara Mengatasi Kebotakan Dini Pada Pria

by
November 1st, 2013 at 4:50 pm

CiriCara.com – Kebotakan pada pria tidak hanya terjadi ketika mereka sudah berumur. Kebotakan juga bisa terjadi saat para pria masih berusia 20an hingga 30an.

Cara mengatasi keboatan dini pada pria

Cara mengatasi keboatan dini pada pria / Ist.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kebotakan dini pada pria muda. Selain faktor kesehatan dan keturunan, gaya hidup juga bisa menjadi pemicu para pria kehilangan rambutnya meski mereka masih muda.

Menurut penelitian, menggunakan topi terlalu lama serta terlalu ketat pada saat iklim panas dan lembab bisa menyebabkan minyak alami pada rambut berkurang yang menyebabkan kerontokan.

Polusi serta gaya hidup instan yang banyak ditawarkan oleh zaman modern justru memicu kerontokan pada rambut pria yang mengakibatkan kebotakan.

Untuk megatasi kebotakan dini, para pria sebaiknya dianjurkan untuk melakukan pencegahan secepat mungkin terutama lewat perbaikan gaya hidup mereka dengan cara:

1. Selalu sarapan setiap pagi

Kenapa sarapan? Sarapan membantu rambut mendapatkan protein yang dibutuhkan. Rambut memiliki zat keratin yang memerlukan banyak protein.

Jika protein berkurang maka rambut akan berhenti tumbuh karena kehilangan tenaga. Karenanya, sarapan sangat dianjurkan terutama jika ditambah dengan makanan berprotein yang diperlukan tubuh seperti ikan, telur, dan daging.

2. Perbanyak makan kacang-kacangan

Kacang-kacangan dipercaya mengandung banyak zat besi yang diperlukan oleh rambut. Rambut memiliki kandungan feritin yang bisa turun jika zat besi berkurang.

Selain kacang, zat besi juga banyak terkandung dalam daging merah, sayuran hijau tua, serta buah-buahan kering sehingga para pria muda dianjurkan untuk mengkonsumsi makan bergizi tersebut.

3. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu kebiasan buruk yang banyak dinikmati oleh kebanyakan pria. Padahal merokok adalah penyebab utama kerontokan rambut. Rokok bisa merusak pembuluh darah sehingga suplai darah ke rambut berhenti.

4. Jangan stres

Stres juga bisa mempengaruhi tingkat kesuburan pada pria. Saat pria sedang stres, tubuh dapat menghasilkan hormon testosteron serta dihidrotestoteron yang semakin banyak. Hormon ini yang memicu kerontokan dan kebotakan pada rambut pria.

5. Jangan terlalu keras menyisir

Jika Anda menyisir rambut terlalu keras maka kulit kepala akan rusak dan rambut tertarik keluar dari akarnya. Oleh karena itu, Anda diwajibjan untuk menjaga kulit kepala dengan lembut saat keramas maupun sesudahnya.

6. Jangan mengecat rambut

Cat rambut mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa mengakibatkan reaksi alergi kronis dan dermatitis. Cat rambut juga bisa menyebabkan folikel pada kulit kepala serta rambut menjadi rusak.

Baca juga: CiriCara: Cara Gampang Mengatasi Rambut Rontok

(RN)

Comment di sini