Cara Mengatasi Sakit Hati yang Mendalam Akibat Cinta

by
November 1st, 2013 at 10:43 am

CiriCara.com – Sakit hati sering muncul karena harapan yang dilayangkan ke seseorang yang dicintai kadang-kadang tidak sesuai atau bahkan berbanding terbalik dengan kenyataan yang dihadapi.

Cara mengatasi sakit hati yang mendalam

Cara mengatasi sakit hati yang mendalam / Ist.

Misalnya saja ketika pasangan memutuskan hubungan atau mengkhianati komitmen, maka wajar saja jika rasa sakit hati muncul. Perasaan sakit tersebut kadang bertahan selama beberapa waktu bahkan hingga bertahun-tahun lamanya.

Parahnya, perasaan sakit hati kadang memicu seseorang untuk bertindak nekat seperti membalas dendam, menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri.

Sebenarnya perasaan sakit hati bisa yang sangat mendalam seperti itu bisa diatasi. Semuanya tergantung pada niat dan kemauan diri  sendiri.

Meski mengatasi sakit hati terkadang butuh waktu lama dan terasa sulit namun ada beberapa cara yang diambil agar perasaan sakit tersebut perlahan-lahan hilang. Cara apa saja?

1. Menjadi mandiri

Rasa sakit hati tidak bisa hilang karena perasaan ketergantungan terhadap pasangan atau seseorang yang dikagumi tidak pernah dilepas. Oleh karena itu, kita perlu melepaskan semua perasaan ketergantungan pada keberadaan orang yang  kita cintai atau kagumi.

Lepaskan segala keterikatan dengan orang tersebut. Dengan cara seperti ini kita akan menemukan kepercayaan diri kita untuk mendapatkan seseorang yang lebih baik dari orang yang lebih baik dari orang yang telah membuat kita sakit hati.

Baca jugaCiriCara: Cara Gampang Move On Setelah Putus Cinta

2. Mencoba memaafkan kesalahan

Meski terkadang sangat susah dilakukan, cobalah untuk memaafkan kesalahan orang yang telah menyakiti hati kita. Memaafkan berarti kita sudah membuka jalan lebar untuk melupakan kesalahan yang pernah ia lakukan. Cara ini juga membuat kita lebih mawas diri dan hati-hati dalam menjalani hubungan berikutnya.

3. Menguatkan diri

Jangan pernah menyalahkan diri sendiri. Perasaan sakit hati akan bertambah buruk jika kita turut menyalahkan diri sendiri atau menganggap diri sendiri bodoh.

Cara mengobati sakit hati yang mendalam

Cara mengobati sakit hati yang mendalam / Ist.

Lebih baik kita berusaha menguatkan diri dengan cara mencari sisi positif serta kelebihan diri masing-masing. Yakinlah bahwa kita layak untuk mendapatkan seseorang yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang saat ini telah menyakiti hati kita.

4. Mencari kesibukan

Terkadang perasaan sakit hati akan berkembang dan menjadi lebih parah jika kita hanya menyendiri. Waktu menyendiri seperti itu memang diperlukan namun tidak baik jika terus-terusan melakukannya.

Rasa sakit hati akan pudar jika kita lebih memilih untuk melakukan hal-hal positif yang menggali potensi diri seperti menyanyi, menciptakan lagu, menulis buku, melukis, dan lain sebagainya.

5. Bersosialisasi

Jangan pernah merasa sendiri dan tertolak. Ada banyak teman, keluarga serta orang-orang baik lainnya yang masih peduli dengan kita. Jadi, bersosialisilah! Buat jadwal hang out dengan teman-teman atau keluarga. Dengan jalan ini, kita akan menyadari bahwa masih ada banyak orang yang mau peduli dengan kita dibanding dengan mereka yang menyakiti hati kita.

Baca juga: CiriCara: Cara Mudah Move on Setelah Cinta Ditolak

(RN)

Comment di sini