Jokowi Setujui UMP DKI Jakarta 2014 Rp 2,4 Juta

by
November 1st, 2013 at 10:51 am

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi sudah menyetujui Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2014 sebesar Rp 2,441 juta. Keputusan itu diambil berdasarkan saran dari Dewan Pengupahan.

jokowi 2013 dki jakarta

Jokowi – Merdeka.com

Jokowi menjelaskan bahwa dirinya mendapatkan 2 pilihan. Pilihan pertama, pengusaha meminta UMP 2014 sama dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL), yakni Rp 2,299 juta. Namun Jokowi akhirnya memilih Rp 2,441 juta sesuai dengan hasil rapat Dewan Pengupahan.

“Keputusannya (yang disetujui) yang dari Dewan Pengupahan, yaitu Rp 2,441 (juta),” kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (1/11/2013).

Baca juga; Buruh Demo Pakai Ninja 250.

Jokowi mengaku sudah menandatangani Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur upah buruh. UMP sebesar Rp 2,4 juta sudah resmi menjadi standar pengupahan buruh di tahun 2014 mendatang.

“Sudah diteken,” lanjut Jokowi yang juga merupakan mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi menjelaskan bahwa Dewan Pengupahan sudah melakukan rapat maraton sejak beberapa hari lalu, tanpa dihadiri serikat pekerja. Jokowi pun menilai hasil rapat Dewan Pengupahan itu sudah menjadi keputusan yang tepat.

Mengenai isu munculnya penolakan dari buruh, Jokowi menganggapnya sebagai salah satu konsekuensi yang harus diterimanya. Namun, Jokowi tetap berharap agar buruh bisa menerima keputusan itu tanpa ada keributan.

“Kita harapkan tidak (ada penolakan). Tahun kemarin sudah kita naikkan hampir 50% saya digugat juga. Semua ada konsekuensi,” kata Jokowi.

Menurut informasi yang dihimpun, demo buruh akan kembali dilakukan pada Jumat (1/11/2013) hari ini. Buruh menuntut agar UMP tahun 2014 naik menjadi Rp 3,7 juta. Mereka akan melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Jokowi dan juga Istana Negara.

(YG)

Comment di sini