Bersahabat dengan Minuman yang Kaya Khasiat

by
November 4th, 2013 at 9:53 am

CiriCara.com – Minum teh bisa disebut sebagai teman baik kita sehari-hari. Sembari beraktivitas di kantor, belajar kelompok, atau sekedar santai dirumah minuman teh ternyata masih lekat dengan aktivitas-aktivitas terebut. Selain rasanya yang menenangkan, cara seduhnya yang praktis, ternyata teh mempunyai manfaat yang besar pula untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat teh untuk kecantika

Manfaat teh untuk kecantikan / Ist.

Khasiat teh sebagian besar berasal dari antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.
Menurut Harvard Women’s Health Watch, memaksimalkan minum teh dalam keseharian dapat menjaga kesehatan tubuh terutama memerangi radikal bebas dari zat flavonoid.

Berikut optimalisasi konsumsi teh menurut Harvard Women’s Health Watch Harvard Women’s Health Watch:

1. Minum 1 – 3 cangkir teh dalam sehari dapat menyerap antioksidan dan senyawa-senyawa tumbuhan yang menyehatkan lainnya.

2. Seduh teh selama 3 – 5 menit untuk mengeluarkan catechins dan flavonoid. Seduhan teh yang baru tinggi akan zat-zat tersebut, sedangkan teh kafeinnya dihilangkan cenderung memiliki catechins yang lebih rendah.

3. Dalam setiap seduhan teh juga mengandung fluoride yang berkhasiat untuk gigi. Teh memberikan 70% fluoride yang diperlukan tubuh dan dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak.

Selain fakta diatas, ternyata teh masih mempunyai khasiat dahsyat lainnya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kaum wanita, antara lain:

1. Teh mendinginkan kulit terbakar sinar matahari

Seduh beberapa kantong teh celup. Biarkan dingin dan tempelkan kantong teh tersebut pada bagian kulit yang terbakar.

2. Teh menyegarkan mata lelah

Seduh dua kantong teh celup dalam air hangat. Biarkan dingin kemudian tempelkan pada mata sambil dipejamkan selama 20 menit. Tannin dalam teh dapat menenangkan mata dan mengurangi mata sembap.

3. Teh dapat meredakan sakit payudara akibat pemberian ASI

Seduh satu kantong teh celup, kemudia angkot kantong. Masukkan kedalam gelas berisi air. Diamkan kira-kira satu menit. Tempelkan kantong teh pada puting yang sakit. Tutup dengan nursing pad dibawah bra selama beberapa menit sambil meminum tehnya. Tannin acid di dalam daun teh basah akan menenangkan dan membantu menyembuhkan puting yang sakit.

Manfaat Teh

Manfaat Teh / Ist.

4. Teh meredakan gusi berdarah

Basahi kantong teh celup dengan air dingin. Tekankan langsung pada bagian gusi yang berdarah.

5. Teh untuk membilas wajah

Untuk membersihkan wajah, Anda bisa membilas wajah dengan air teh. Teh juga berperan sebagai astringent sehingga bisa digunakan untuk membilas wajah dan mengurangi jerawat pada wajah.

Baca juga5 Khasiat Teh Hijau untuk Kulit Wajah

Jadi selain nikmat untuk diseduh, teh yang selama ini sudah menjadi teman baik kita ternyata mempunyai khasiat unggul bagi tubuh. Bahkan khasiatnya tidak hanya terkandung saat kita menyeduhnya, namun penggunaan eksternalpun juga sangat tinggi. Jadi nggak ada alasan lagi kan, untuk tidak berteman baik dengan minuman hebat ini. Yukkk..biasakan ngeteh untuk hidup yang lebih sehat!

Comment di sini