Jelitanya Sunrise di Punthuk Setumbu

by
November 4th, 2013 at 9:23 am

CiriCara.com – Bersahabat dengan kenaturalan alam adalah salah satu pilihan ketika rasa penat sudah memuncak. Menghirup udara segar dan melepas pandangan mata sejauh mungkin bisa menjadi terapi tersendiri bagi kepenatan akan beban pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

Punthuk Setumbu di Magelang

Punthuk Setumbu di Magelang / Twicsy

Salah satu wisata yang mudah kita dapat akan hal tersebut adalah menepi di sebuah puncak bukit. Wisata alam Punthuk Setumbu, di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah sudah sejak lima tahun lalu menawarkan keindahan puncak bukitnya yang masih sangat natural.

Pemandangan siluet Candi Borobudur di waktu sunrise menawarkan obat penat untuk para wisatawan, karena disekeliling salah satu keajaiban dunia tersebut terpapar karst pegunungan Menoreh yang begitu indah. Selain itu perbukitan-perbukitan kecil tampak rimbun menghijau disisi sebelah kiri.

Untuk mencapai puncak, wisatawan tidak perlu khawatir bila tidak memiliki fisik yang cukup kuat. Karena track yang dilalui merupakan tangga berundak hingga puncak yang di kiri atau kanannya sudah dipasang bambu sebagai pegangan.

Namun apabila Anda memilih untuk mendaki di waktu pagi untuk melihat sunrise, Anda harus membawa senter atau alat bantu penerangan agar perjalanan lebih aman. Waktu tempuh untuk mencapai puncak bukit kurang lebih 40 sampai 45 menit. Yang perlu diwaspadai, apabila sesudah turun hujan track yang dilalui menjadi licin dan perlu ekstra hati-hati untuk para pengunjung yang ingin mendaki.

Baca jugaWisata Indo: Pesona Puncak Telomoyo, Magelang

Sesampainya dipuncak bukit, Anda bisa mampir di beberapa warung makanan dan memesan menu-menu penghangat tubuh sembari melepas lelah sesudah tracking. Disana juga disediakan beberapa tempat duduk dan sebuah gardu pandang setinggi kurang lebih 2-3 meter yang terbuat dari bambu untuk melihat pemandangan dengan lebih tinggi.

Di sekeliling area puncak juga sedang ditanam beberapa tanaman peneduh yang nantinya akan menambah suasana sejuk wisatawan saat berada di atas puncak sambil menikmati panorama Borobudur.

Untuk Anda yang hobi berfoto dan ingin mengabadikan pemandangan tersebut Anda bisa berfoto di beberapa spot dengan latar belakang pemandangan. Untuk yang mempunyai kamera dengan tele, Anda bisa memaksimalkan siluet Candi Borobudur melalui jepretan Anda. Di tempat ini juga sudah disediakan mushola serta kamar mandi untuk Anda yang ingin beribadah di pagi hari.

Punthuk Setumbu dekat Candi Borobudur

Punthuk Setumbu dekat Candi Borobudur / Ist.

Untuk menikmati keindahan di salah satu spot sunrise terbaik di Indonesia ini tidak dikenakan biaya cukup mahal. Untuk wisatawan lokal hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000 sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan Rp. 30.000. Selain bisa menempuh track dengan hiking, Anda juga bisa menyewa ojek motor untuk menaklukan Punthuk Setumbu dengan lebih hemat energi.

Meskipun begitu, kelelahan Anda saat menaklukan track dengan hiking bersama teman-teman akan terbayar saat sampai puncak, sunrise jelita ditengah langit fajar akan menyambut Anda. Ditambah lagi siluet cantik Candi Borobudur akan memanjakan mata Anda dan kepenatan jiwa setelah letih beraktivitas.

Comment di sini