Rahasia Kecantikan Putri Keraton

by
November 6th, 2013 at 11:37 am

CiriCara.com – Seorang putri raja tentunya akan mendapat perlakuan khusus terutama dalam hal menjaga penampilan dan kecantikannya.

Rahasia kecantikan putri keraton

Rahasia kecantikan putri keraton / Ist.

Untuk urusan menjaga penampilan, seorang putri raja harus memperhatikan beberapa hal tertentu agar ia selalu terlihat menawan baik dari dalam maupun luar.

Jika ingin mengikuti cara putri raja terutama dari keraton Jawa dalam menjaga penampilan mereka, berikut beberapa tips yang dilansir dari Femina.co.id yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga penampilan agar menjadi cantik layaknya seorang putri:

1. Siraman

Tahap perawatan pertama ala putri keraton adalah mandi atau melakukan siraman dengan air rendaman bunga sedap malam.

Bagi seorang putri keraton sendiri, biasanya dalam tahap ini, akan disertai dengan alunan musik gending klasik untuk memanjakan pendengaran (asmartaswara). Selain  itu, gending ini juga diperlukan untuk menghadirkan suasana rileks saat perawatan.

2. Menggunakan kain sutera dingin

Setelah mandi, tubuh lalu balut dengan kain sutera yang telah didinginkan di dalam guci yang dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Lembutnya kain sutera dipercaya bisa memberikan sensasi awal pada indera peraba (asmarasutra). Setelah itu, tubuh akan dipijat menggunakan minyak aromaterapi. Relaksasi saraf dan otot bagian bawah kulit diperlukan untuk melancarkan peredaran darah.

3. Scrubbing

Setelah itu, tubuh akan di-scrub dengan bahan kelapa parut untuk mengangkat kulit mati, debu, dan kotoran. Scrub ini juga berfungsi untuk menghilangkan bau badan dan memberi nutrisi pada kulit.

Luluran ala putri keraton

Luluran ala putri keraton / Ist.

Saat melakukan scrubbing, ruangan diberi uap aromaterapi bungan sedap malam untuk merangsang indera penciuman (asmaraarum). Tujuannya agar si putri merasa lebih rileks dan tenang.

Baca juga5 Cara Luluran yang Benar

4. Minum jamu

Terakhir, kunci dari perawatan ini adalah tradisi minum jamu atau rempah-rempah untuk diminum. Jamu yang disajikan usai terapi adalah ramuan minuman sehat yang terdiri dari cengkih, santan, dan juga gula batu.

Tujuan dari meminum jamu ini adalah merangsang indera pengecap (asmarawara). Minuman jamu usai terapi ini memiliki beberapa manfaat antara lain mencerahkan kulit wajah, menghilangkan jerawat, dan membuat awet muda.

Baca jugaSsst..Ini Rahasia Kecantikan Wanita dari 6 Negara

(RN)

Comment di sini